nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah di Luar Negeri, Mahasiswa Perlu Belajar Bahasa Lokal

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Senin 16 Januari 2017 20:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 16 65 1592809 kuliah-di-luar-negeri-mahasiswa-perlu-belajar-bahasa-lokal-hbnGE4aVAb.jpg Mahasiswa Hong Kong of University (Foto: Iradhatie/Okezone)

JAKARTA - Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang bisa digunakan di berbagai penjuru dunia. Hal ini menjadi keuntungan bagi dua mahasiswa asal Indonesia, Jelita dan Pipin yang sedang mengenyam pendidikan di The University of Hong Kong (HKU).

Jelita dan Pipin beruntung lantaran 100 persen pembelajaran di sana menggunakan bahasa Inggris. Keduanya mengaku belum begitu fasih berbahasa Mandarin atau bahasa Kanton yang menjadi bahasa asli di Hong Kong.

"Aku enggak begitu bisa bahasa Mandarin atau Kanton. Dan itu lumayan terpengaruh untuk pergaulan," sebutnya kepada Okezone, belum lama ini.

Jelita mengaku, mahasiswa internasional sebaiknya belajar bahasa lokal untuk bisa berkomunikasi baik dengan penduduk di sana. Menurutnya, anak muda di Hong Kong pada umumnya bisa bahasa Inggris. Tetapi di rentang usia tua, kebanyakan hanya bisa bahasa asli.

"Sedangkan kita sebagai mahasiswa tidak hanya berkomunikasi dengan anak muda. Jadi bagi kalian yang tertarik kuliah di Hong Kong atau wilayah lainnya di China, usahakan belajar bahasa Mandarin," imbaunya.

Dalam hal pergaulan, mahasiswa tingkat dua ini menyebut, untuk berteman dengan mahasiswa lokal dia harus mendekati mereka terlebih dulu. Meski begitu, dia menegaskan masyarakat Hong Kong sangat terbuka dan menerima kehadiran mahasiswa asing dari berbagai budaya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini