Ukraina Gugat Rusia di Pengadilan Tinggi PBB

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Rabu 18 Januari 2017 00:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 18 18 1594149 ukraina-gugat-rusia-di-pengadilan-tinggi-pbb-s81Jr4mTY5.jpg Warga Ukraina Menggelar Demo Protes Rusia. (Foto: Getty Images)

UKRAINA secara resmi telah mengajukan gugatan kepada pengadilan tertinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atas dakwaan terjadinya tindak terorisme dan agresi yang melanggar hukum oleh Rusia. Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri Ukraina, Rusia diduga telah memasok senjata dan bantuan lainnya pada kelompok pemberontak yang beroperasi di wilayah Ukraina Timur.

"Rusia telah melakukan agresi yang melanggar hukum di Ukraina. Selain itu, Rusia juga telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia terhadap masyarakat Ukraina. Kami telah mencoba menyelesaikan sengketa melalui negosiasi selama lebih dari dua tahun. Tetapi Rusia tak kunjung menghentikan tindakan pelanggaran hukum internasional. Atas dasar itulah kami mengajukan hal ini ke pengadilan tinggi PBB demi mendapat keadilan dan membela hak-hak dasar rakyat Ukraina," ujar Menteri Luar Negeri Ukraina, Pavlo Klimkin sebagaimana dikutip dari Independent, Rabu (18/1/2017).

Selain itu, Ukraina juga menuntut Rusia untuk bertanggung jawab terkait jatuhnya pesawat milik maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 yang jatuh di wilayah Ukraina setelah ditembak oleh rudal pada 2014. Ukraina menuding kelompok separatis pro-Rusia sebagai pelaku penembakan tersebut.

Dalam tuntutannya, Ukraina meminta Mahkamah Internasional untuk menerapkan tindakan pencegahan pelanggaran hak asasi manusia yang mungkin akan dilakukan kembali oleh Rusia. Sementara itu, Pengadilan Tinggi PBB yang berbasis Den Haag, Belanda, menyatakan telah menerima pengajuan tuntutan dari Ukraina tersebut tanpa memberi keterangan lebih lanjut. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini