Image

Jelang Lengser, Obama Kurangi Masa Hukuman Prajurit Transgender Pembocor Rahasia AS

Agregasi · Rabu, 18 Januari 2017 - 18:18 WIB
Chelsea Manning, prajurit transgender AS membocorkan rahasia negara kepada Wikileaks pada 2010. (Foto: AP) Chelsea Manning, prajurit transgender AS membocorkan rahasia negara kepada Wikileaks pada 2010. (Foto: AP)

MENJELANG turun dari jabatannya, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengurangi masa hukuman Chelsea Manning, prajurit transgender yang dihukum karena membocorkan dokumen ke Wikileaks pada 2010.

Terlahir bernama Bradley Manning (29), seharusnya Chelsea baru akan keluar penjara pada 2045. Namun dengan keputusan Obama, ia akan dibebaskan 17 Mei mendatang.

Dia dijatuhi hukuman 35 tahun pada 2013 karena perannya membocorkan kabel diplomatik ke Wikileaks, sebuah kelompok anti-kerahasiaan.

Pembocoran tersebut adalah aksi pembobolan materi rahasia terbesar dalam sejarah AS.

Beberapa hari lalu, Gedung Putih sudah mengindikasikan bahwa kemungkinan mengurangi hukuman Manning.

Manning sudah dua kali mencoba bunuh diri tahun lalu di penjara militer pria di Fort Leavenworth, Kansas, tempatnya ditahan.

Manning juga melakukan mogok makan tahun lalu, yang berakhir setelah militer setuju untuk menyediakan layanan penanganan alih gender untuknya.

Dalam salah satu tindakan politik terakhirnya sebagai presiden, Obama setuju memberikan pengurangan hukuman bagi 209 individu dan pengampunan bagi 64 lainnya.

(rfa)

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming