nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

VIDEO: Media Asing Soroti Beruang Kurus Ngemis Makanan di Kebun Binatang Bandung

Silviana Dharma, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2017 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 18 18 1595093 video-media-asing-soroti-beruang-kurus-ngemis-makanan-di-kebun-binatang-bandung-MkCbnqvaPu.jpg Media asing Inggris soroti penderitaan beruang di bonbin Bandung. (Foto: Screenshot)

BANDUNG – Portal berita daring Inggris mengunggah sebuah berita mengerikan dari Kebun Binatang Bandung. Dalam rekaman yang beredar, seekor beruang madu terlihat kurus kering dari dalam kaca kandangnya sambil mengemis makanan dari para pengunjung yang datang.

Video tersebut dengan jelas memperlihatkan betapa beruang itu sangat kekurangan makan. Tubuhnya yang kurus sampai menonjolkan tulang-tulangnya dari balik kulit. Bahkan ada sebuah video lagi yang membuktikan saking laparnya, para beruang tersebut terpaksa memakan feses atau kotorannya sendiri demi bertahan hidup.

Gambaran pengelolaan yang buruk ini mendapat perhatian dari sejumlah aktivis hewan di Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group sejak pertengahan 2016. Seperti diwartakan Metro, Kamis (19/1/2017), kelompok ini telah berulang kali menyerukan protes dan baru saja memulai petisi online.

Mereka menuntut Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, untuk ditutup karena telah membiarkan hewan-hewannya kelaparan. Di sisi lain, pihak pengelola bonbin membantah bahwa beruang itu tidak diberi makan cukup. Mereka meyakinkan kalau para hewan di bonbinnya hidup layak dan sehat.

Dengan beredarnya video ini, beberapa aktivis mulai mengunjungi bonbin tersebut. Mereka membawa buah-buahan untuk diberikan kepada beruang-beruang yang kelaparan tersebut.

Sehubungan dengan itu, juru bicara Kebun Binatang Bandung justru balik menyalahkan para pengunjung dan aktivis. Akibat sering diberi makanan oleh pengunjung, para hewan itu jadi terbiasa meminta, seolah tak diberi cukup asupan.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini