nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khawatir Listrik Padam, Sekolah Siapkan Genset saat UNBK

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 12:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 18 65 1594448 khawatir-listrik-padam-sekolah-siapkan-genset-saat-unbk-yYapK9u1A7.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

KUPANG - Dua sekolah lanjutan tingkat atas di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan tetap menyiapkan genset saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April mendatang.

"Kami akan tetap menyiapkan genset seperti tahun lalu, untuk mengantisipasi listrik PLN tiba-tiba listrik padam," kata Kepala SMA Katolik Giovanni Romo Yasintus Epi, Pr di Kupang Rabu (18/1/2017).

Di Kupang, UNBK tahun ini akan diikuti 80-95 persen SMA/SMK sederajat. Yasintus mengatakan, genset tetap disediakan sebab berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya, walaupun sudah ada perjanjian dengan pihak PLN, tetapi listrik sempat padam sehingga pelaksanaan UNBK mengalami masalah untuk persiapannya.

Memang saat ini PLN wilayah NTT sendiri telah mempunyai kapal listrik berkuatan 60 megawatt (MW) yang akan menerangi seluruh pulau Timor.

"Mengenai internet, berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu, tidak ada kendala, kecuali masalah jaringannya di pusat," ujarnya.

Sementara itu terkait perlengkapan lainnya untuk mendukung pelaksanaan UNBK di sekolah itu, Yasintus mengatakan pihaknya mempunyai kurang lebih 90 unit komputer untuk 200 peserta UNBK.

Kepala SMK Negeri I Kupang Mathias Beeh juga menyiapkan genset guna mengantisipasi pemadaman walaupun sudah ada janji dari PLN untuk tidak memadamkan listrik saat UNBK berlangsung. "Kita tetap siapkan genset," ujarnya.

SMKN I ada 615 bakal peserta UNBK, sehingga membutuhkan sekitar 200 komputer. Saat ini lanjutnya baru ada sekitar 160 unit komputer.

Otomatis menurut Mathias pihaknya membutuhkan tambahan 40 unit komputer lagi. "Namun kita juga siapkan 20 unit lagi untuk mengantisipasi jika ada komputer yang tiba-tiba tidak beroperasi saat ujian," tambahnya.

Sementara itu terkait internet, Mathias mengatakan tidak ada kendala selama pelatihan UNBK bagi para siswanya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini