nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kang Emil: Kebun Binatang Bandung Mempermalukan Nama Baik Kota

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2017 10:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 19 525 1595353 kang-emil-kebun-binatang-bandung-mempermalukan-nama-baik-kota-nmcLEaKt9R.jpg Beruang di Kebun Binatang Bandung (Foto: Oris Riswan/Okezone)

JAKARTA - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menanggapi persoalan Kebun Binatang Bandung yang disebutnya mempermalukan citra Kota Bandung di dunia internasional.

Dalam akun Instagram-nya, Ridwan Kamil tampak menggebu-gebu bahwa perawatan Kebun Binatang Bandung bukan ditangani oleh Pemkot Bandung, melainkan milik yayasan atau lembaga perorangan.

"Buat kamu-kamu yang gampang emosian komen menghujat Pemkot Bandung tanpa meriset berita, gini ya: Kebun Binatang Bandung itu milik pribadi/yayasan bukan milik Pemkot," jelas Wali Kota yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

"Pemberian izin atau pencabutan izin semua kebun binatang se-Indonesia itu secara hukum adalah kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup bukan pemkot," jelasnya.

Pemkot Bandung sendiri, jelas Kang Emil, sudah kirim surat komplain ke Kementerian Lingkungan Hidup sebagai tindakan atas penanganan kasus yang menyedot atensi publik tersebut.

"Pemkot Bandung sudah berkirim surat komplain sejak tahun lalu ke Kementerian Lingkungan Hidup untuk bertindak terhadap isu ini dan sudah mengirim surat teguran ke yayasan kebun binatang untuk memperbaiki situasi yang mempermalukan nama baik Kota Bandung," papar Kang Emil.

"Namun secara hukum, upaya kami tidak bisa lebih dari itu. Andai secara hukum milim Pemkot mah, udah dari kapan-kapan saya beresin masalahnya," ungkapnya.

Seperti diketahui, Kebun Binatang Bandung kembali menjadi sorotan setelah ramai di media sosial (Medsos) melalui unggahan yang memperlihatkan beruang yang kelaparan dan memakan kotorannya sendiri. (kha)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini