Share

Ini Daftar Kegiatan Obama di Hari Terakhir Jadi Presiden AS

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Jum'at 20 Januari 2017 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 20 18 1596236 ini-daftar-kegiatan-obama-di-hari-terakhir-jadi-presiden-as-Jurgw9LPBH.JPG Presiden AS Barack Obama akan menjalani hari terakhirnya sebagai orang nomor satu di Negeri Paman Sam. (Foto: Reuters)

PASCA delapan tahun menjabat, tiba saatnya bagi Presiden Barack Obama untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seluruh rakyat Amerika Serikat (AS). Hanya tersisa sedikit waktu saja bagi Obama menyandang status orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Pada 10 Januari, Obama telah menyampaikan pidato perpisahannya pada seluruh masyarakat AS. Auditorium besar di McCormick Place, Chicago, disesaki sekira 18 ribu orang untuk mendengarkan salam perpisahan Obama. Lagu kebangsaan Amerika Serikat (AS) 'Star Spangled Banner' membuka pidato perpisahan Barack Obama sebagai presiden .

Pria berusia 55 tahun itu mengawali pidato perpisahannya dengan mengucapkan rasa terima kasih yang besar pada seluruh warga AS. Ia mengingatkan warga AS untuk tetap menjaga demokrasi. Tak lupa, Obama menyampaikan rasa terima kasih kepada istri, keluarga dan staf Gedung Putih. Meski tak akan lagi menjabat menjadi presiden, Obama mengaku tidak akan berhenti mengabdi kepada AS.

Pada 18 Januari, Presiden Obama mengadakan konferensi pers resmi terakhir sebagai Presiden AS. Lalu apa saja yang akan dilakukan Obama di saat-saat terakhir sebagai Presiden AS? Berikut ulasannya:

Jamuan Teh dan Pesan Khusus untuk Presiden Terpilih Donald Trump

Obama dan sang Ibu Negara, Michelle, mengundang calon pengganti mereka, Donald dan Melania Trump dalam jamuan teh Jumat 20 Januari 2017 sebelum pelantikan Trump dimulai.

Selain itu, sesuai tradisi yang ada di AS, presiden yang akan mengakhiri masa jabatannya akan meninggalkan catatan bagi penerusnya. Biasanya catatan tersebut berisi saran atau peringatan untuk berhati-hati.

Seperti pesan yang dituliskan mantan Presiden Ronald Reagan, kepada George HW Bush yang menyelipkan kalimat, "Jangan biarkan kalkun menjatuhkanmu," dalam surat resminya. Diperkirakan Presiden Obama nantinya juga akan memberikan catatan khusus untuk Trump.

Bagi-Bagi Grasi

Beberapa Presiden AS memilih untuk membagi-bagi grasi pada para narapidana sebelum turun dari jabatannya. Salah satunya yang pernah melakukan hal tersebut adalah mantan Presiden Bill Clinton. Clinton diketahui menggunakan hari terakhirnya di Gedung Putih untuk memberikan grasi pada 141 narapidana.

Sementara Presiden Obama diketahui juga telah memberikan grasi pada seorang terpidana bernama Chelsea Manning. Terlahir bernama Bradley Manning (29), Chelsea diketahui dihukum karena membocorkan dokumen ke Wikileaks pada 2010. Ia seharusnya keluar penjara pada 2045. Namun dengan kemurahan hati Obama, ia akan bebas pada 17 Mei mendatang.

Hadiri Pelantikan Donald Trump

Sesuai tradisi di AS, presiden yang akan mengakhiri jabatannya akan hadir di acara pelantikan presiden baru bersama dengan wakil presiden. Kemudian setelah presiden baru resmi dilantik, selanjutnya mantan presiden terdahulu beserta wakilnya akan diantar keluar Gedung Putih oleh penerus mereka.

Presiden Barack Obama beserta istrinya sendiri telah mengonfirmasi kehadirannya di pelantikan Donald Trump dan Mike Pence sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS yang baru.

Menaiki Pesawat Kepresidenan untuk Terakhir Kali

Pada 1977, ketika Presiden Amerika Serikat ke-38, Gerald Ford mengakhiri jabatannya, ia diterbangkan dengan pesawat kepresidenan, Air Force One, menuju ke kampung halamannya dan meninggalkan Washington DC.

Sejak saat itu, menaiki pesawat kepresidenan dan terbang mengelilingi Gedung Putih telah menjadi tradisi. Dari dalam pesawat, nantinya para mantan presiden tersebut akan menyaksikan ratusan bahkan ribuan rakyat mengantarkan kepergian mereka.

Tak terkecuali dengan Presiden Obama. Ia yang akan berpamitan kepada para stafnya juga akan menaiki pesawat kepresidenan Air Force One untuk terakhir kalinya. Namun, bedanya Obama tidak akan langsung diantar pulang ke kampung halamannya karena Obama berniat akan tetap tinggal di Washington pascalengser dari kursi AS-1 hingga putri bungsunya, Sasha, menyelesaikan studi SMA.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini