Image

Cara Kerja Pelapis Kaca Film Mobil Antikapak

Pius Mali, Jurnalis · Sabtu, 21 Januari 2017 - 09:05 WIB
Ilustrasi pemasangan kaca film (Foto: Pius/Okezone) Ilustrasi pemasangan kaca film (Foto: Pius/Okezone)

JAKARTA - Tak hanya model standar, pelapis film untuk mobil juga ditawarkan dengan model khusus, yakni antikapak. Pelapis tersebut dirancang untuk meminimalisasi tindak kejahatan pecah kaca yang banyak terjadi.

April, pelaku bianis aksesori mobil dari V-Two Film, mengatakan lapisan film dipasang untuk menghambat pelaku kejahatan karena kaca tidak bisa langsung dibobol. Kaca hanya mengalami retak.

"Saya pernah ikut demo pemasangan kaca film antikapak itu yang ukuran (tebalnya) 4 milimeter. Begitu sudah menyatu, terus dilakukan demo dengan cara dibanting, itu aman. Kalau yang ukuran (tebalnya) 4 mm itu lima kali pukul baru retak saja. Enggak langsung pecah," ujar April di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Proses pemasangan film antikapak ini, lanjut April, tidak berbeda dengan film pelapis standar. Hanya saja, lapisan film membutuhkan waktu lebih lama untuk merekat dengan sempurna sehingga bisa menahan benturan atau pecahan kaca.

"Cara pemasangan sama. Simpelnya begini, sama kayak kita memasang bangunan (rumah). Semen itu kan kalau kita aduk dengan air akan menggumpal. Begitu sudah keras, kita gebuk enggak akan langsung pecah. Sama kayak kaca film ini. Proses pemasangannya sama, tapi memang dia perlu waktu untuk proses penyatuan dengan kacanya. Perawatannya sama, ducuci atau diapakan ya sama saja," paparnya.

Soal harga, April mengatakan produk tersebut jauh lebih mahal dibandingkan dengan pelapis

film standar. Ini juga yang membuat kaca film antikapak kurang diminati oleh konsumen di Tanah Air.

"Rp4 juta untuk sedan kalau pakai yang 4 mm. Kalau untuk mobil SUV bisa Rp5 juta atau lebih," tukasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming