Share

Ucapan Selamat Atas Pelantikan Trump Mengalir dari Pemimpin Dunia

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 21 Januari 2017 02:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 21 18 1597236 ucapan-selamat-atas-pelantikan-trump-mengalir-dari-pemimpin-dunia-Tq5w8qT0bb.jpg Donald Trump resmi menjadi Presiden AS ke-45. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Donald J. Trump resmi dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45 dalam upacara inagurasi di Gedung Capitol, Washington, 20 Januari 2017. Usai pelantikan, ucapan selamat pun berdatangan dari para pemimpin dunia.

Di antara tokoh-tokoh yang pertama kali memberi ucapan selamat terdapat nama Presiden Lithuania Dalia Grybauskaitė, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi, Presiden India Pranab Mukherjee, dan Presiden Cekoslovakia Bohuslav Sobotska. Ucapan selamat juga disampaikan oleh PM Jepang Shinzo Abe beberapa saat setelah Trump dilantik.

Tokoh politik Inggris Nigel Farage memberikan pujian terhadap pidato yang disampaikan Trump dalam inagurasinya. Sedangkan Menteri Luar Negeri Boris Johnson mengungkapkan harapannya terkait hubungan AS –Inggris pada masa pemerintahan Trump.



Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyampaikan ucapan selamat yang kontroversial kepada Presiden Trump melalui Twitter. Dalam pesan tersebut, Tsai mengatakan, AS dan Taiwan terikat oleh demokrasi yang dianut kedua negara dan berharap Washington dan Taipei dapat bekerja sama lebih erat lagi.

Sebelumnya, ucapan selamat yang disampaikan Tsai melalui telefon setelah Trump memenangkan pemilihan presiden tahun lalu menimbulkan ketegangan antara Taiwan dengan China. Beijing yang memandang Taiwan sebagai salah satu provinsinya menganggap pembicaraan Tsai dengan Trump merupakan pelanggaran kebijakan Satu China.

Dalam pidatonya, Trump mengatakan akan menjadikan AS sebagai contoh bagi negara-negara lain di dunia. Meski begitu, dia menegaskan tidak akan memaksakan cara hidup Negeri Paman Sam kepada negara mana pun atau siapa pun.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini