Share

INAGURASI PRESIDEN AS: Trump Tegaskan Kembali Janji Kampanyenya

Silviana Dharma, Okezone · Sabtu 21 Januari 2017 02:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 21 18 1597238 inagurasi-presiden-as-trump-tegaskan-kembali-janji-kampanyenya-rWI7MTyjik.jpg Donald Trump tegaskan kembali janji kampanyenya. (Foto: NBC)

WASHINGTON DC – Pasca-inagurasi, Presiden terlantik Amerika Serikat menegaskan kembali janji-janjinya selama kampanye. “Bersama, kita akan membawa kembali pekerjaan ke Amerika Serikat, pertahanan di perbatasan kita, kemakmuran kita dan mimpi-mimpi kita,” ujarnya.

Di bidang pembangunan, Trump berjanji akan membangun jalan-jalan baru, tol, jembatan, bandar udara, terowongan dan rel kereta api di seluruh penjuru negeri. Untuk kesekian kalinya, Trump juga menegaskan perhatiannya kepada kaum pekerja dan masyarakat kelas menengah di AS.

“Kita akan membuat orang-orang kita sejahtera, membangun kembali negara ini dengan tangan-tangan orang Amerika dan buruh Amerika. Hanya ada satu rumus sederhana yang kita ikuti: oleh Amerika dengan mempekerjakan orang-orang Amerika,” serunya diiringi tepuk tangan meriah.

Kepada negara-negara lain di dunia, ayah lima anak tersebut menekankan prinsip kemitraan dan etikat baik. Ia akan mengedepankan saling pengertian, sebagaimana dia paham betul bahwa seperti dirinya sangat mengutamakan kepentingan rakyat Amerika Serikat, pemimpin dan delegasi negara lain juga akan selalu menomorsatukan kepentingan nasional mereka di atas segalanya.

“Kita tidak akan memaksakan cara hidup Amerika kepada siapa pun, melainkan membiarkannya bersinar sebagai teladan bagi semua orang yang mengikuti,” cetusnya.

Ia menambahkan, “kita juga akan memperkuat hubungan dengan sekutu-sekutu lama dan membangun kemitraan dengan yang baru, menyatukan dunia beradad memerangi terorisme. Ideologi jahat yang perlu kita basmi sepenuhnya dari muka bumi ini.”

Dari segi politik, ia memastikan sudah waktunya untuk bekerja. Menunjukkan kinerja nyata, bukan sekadar cuap-cuap kosong khas para politisi sebelum dia. Dia berharap, seluruh rakyat mulai 20 Januari 2017 waktu setempat akan bersatu, setia terhadap bangsa dan negara, bahu membahu membuat Amerika Serikat menjadi hebat lagi.

“Ketika AS bersatu, takkan ada yang bisa menghentikannya. Tidak ada lagi yang perlu ditakutkan. Kita terlindungi dan akan selalu begitu. Kita dilindungi oleh para pria dan perempuan hebat dari angkatan bersenjata dan penegak hukum kita, dan yang terpenting, kita dilindungi oleh Tuhan,” terangnya.

Akhir kata, “kita wajib memikirkan hal besar dan bermimpi lebih tinggi lagi. Di Amerika, kita mengerti bahwa sebuah negara hanya akan hidup selama diperjuangkan. Jangan biarkan siapa pun mengatakan kepada Anda bahwa sesuatu tak bisa dilakukan. Tak ada tantangan yang sanggup menandingi niat, perjuangan dan semangat Amerika. Kita tidak akan gagal. Negara ini akan tumbuh dan berkembang.”

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini