Share

Senat AS Konfirmasi Anggota Pertama Kabinet Trump

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 21 Januari 2017 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 21 18 1597303 senat-as-konfirmasi-anggota-pertama-kabinet-trump-Z74gUrjOAB.jpg Kongres AS mengonfirmasi James Mattis untuk menduduki jabatan Menter Pertahanan AS dalam Kabinet Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Senat Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi anggota pertama yang akan duduk di dalam kabinet Presiden Donald Trump. Pensiunan Jenderal James Mattis resmi menjabat sebagai Menteri Pertahanan setelah menerima persetujuan Senat.

Diwartakan CNN, Sabtu (21/1/2017), pensiunan jenderal berjuluk ‘Mad Dog’ itu dengan mudah mendapat persetujuan dari 50 anggota Senat yang menjadi ambang batas atau threshold pemilihan anggota kabinet. Satu-satunya suara penolakan terhadap penunjukan Mattis datang dari Senator New York dari Partai Demokrat, Kirsten Gillibrand.

Penunjukan Mattis sebagai Menteri Pertahanan AS juga terbantu oleh keputusan penandatanganan pengecualian yang dilakukan Trump beberapa saat setelah resmi menjabat sebagai kepala negara AS. Biasanya, seorang tentara harus pensiun dari militer setidaknya selama tujuh tahun sebelum bisa mengisi posisi sipil seperti jabatan menteri pertahanan.

Pekan lalu, pria berusia 66 tahun itu menyatakan mengakui Rusia sebagai ancaman utama bagi AS dalam keterangannya di depan Senat. Dia juga menyampaikan ketidaksetujuannya terhadap kebijakan Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Setelah Mattis, Senat AS diprediksi akan memberikan suaranya untuk pensiunan jenderal lainnya, John Kelly untuk duduk sebagai Menteri Keamanan Nasional. Sedangkan posisi Mike Pompeo sebagai Direktur Badan Intelijen AS, CIA masih belum pasti setelah tiga anggota Senat menolak pencalonannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini