Image

Ledakan di Pasar Sayuran Pakistan Tewaskan 20 Orang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu, 22 Januari 2017 - 00:08 WIB
Ilustrasi. (Foto: Reuters) Ilustrasi. (Foto: Reuters)

PARANICHAR – Sedikitnya 20 orang tewas dan 40 lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan bom di sebuah pasar sayur-sayuran di utara Pakistan. Ledakan itu terjadi di kota berpenduduk mayoritas Syiah, Paranarichar di perbatasan Afghanistan.

Keadaan pasar yang ramai saat ledakan terjadi membuat jumlah korban diperkirakan masih akan bertambah.

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif telah menyampaikan ucapan belasungkawa atas insiden berdarah ini.

Faksi dari kelompok militan Taliban Pakistan, TPP mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom tersebut. Mereka mengatakan, tujuan dari serangan itu adalah untuk “membalas tewasnya rekan-rekan mereka”.

Pernyataan juru bicara TPP yang dilansir BBC, Minggu (22/1/2017) mengatakan, kelompok militan itu ingin memberi pelajaran kepada kaum Syiah atas dukungan mereka kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad. Dia menambahkan, TPP akan terus melancarkan serangan terhadap kaum Syiah jika mereka terus mendukung Assad.

Berbagai laporan yang muncul memberikan keterangan berbeda mengenai penyebab ledakan di pasar tersebut. Sejumlah laporan mengatakan, ledakan berasal dari bom yang disembunyikan di dalam kotak sayur-sayuran. Sedangkan laporan lain menyebutkan ada pelaku bom bunuh diri yang terlibat dalam insiden ini.

Kota Parachinar adalah satu dari tujuh dirstrik di Pakistan yang masih memberlakukan hukum adat. Wilayah ini memang diketahui mengalami konflik sektarian antara Sunni dan Syiah.

Pada Desember 2015, sebuah ledakan bom yang terjadi di lokasi yang sama menewaskan sedikitnya 23 orang dan melukai 30 lainnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming