Bidan di Pangandaran Klaim Miliki Tongkat Komando Bung Karno

Syamsul Maarif, Sindonews · Rabu 25 Januari 2017 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 25 525 1600876 bidan-di-pangandaran-klaim-miliki-tongkat-komando-bung-karno-vd2G9P5edy.jpg Bidang Dini tunjukkan tongkat komando Bung Karno (Foto: Syamdul Maarif)

PANGANDARAN – Tongkat komando yang biasa dibawa Soekarno semasa menjadi Presiden ke-1 RI diklaim berada di Pangandaran. Pengakuan itu diungkapkan keluarga mantan ajudan Bung Karno.

Tongkat sepanjang 53 sentimeter itu terbuat dari kayu pohon kelapa. Sementara pada bagian ujung atas dan bawahnya terdapat tembaga kuning.

Dini Octaviani (34), anak dari mantan ajudan Bung Karno itu mengatakan, tongkat tersebut diperolehnya dari sang ibu, Siti Masitoh yang disinyalir merupakan peninggalan ayahnya, Raden Misdjan Sunaryo.

“Ayah saya bernama Raden Misdjan Sunaryo, wafat pada usia 87 tahun pada 10 Agustus 2019 lalu,” kata Dini yang tinggal di Dusun Sukadana, RT 22 RW 09 Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran itu.

Perempuan yang bekerja sebagai bidan desa itu menambahkan, ayahnya sering mengalami pindah tugas ke berbagai daerah. Sehingga pada waktu pembacaan teks proklamasi ayahnya menjadi salah satu ajudan Bung Karno.

“Pengakuan ayah waktu hidup saat Pak Soekarno membacakan teks proklamasi. Ayah saya berada di jajaran belakang Pak Soekarno yang memberikan teks proklamasi dan memegang tongkat Bung Karno,” tambahnya.

Setelah dewasa, sambung Dini, ia diamanatkan ibunya untuk menjaga tongkat tersebut. Padahal, dirinya tidak tahu apa manfaat dan cara menggunakan tongkat itu.

“Saya hanya diamanatkan untuk tidak memberikan barang ini kepada siapa pun karena amanat ibu saya barang ini merupakan salah satu bukti sejarah dan saksi bisu perjalanan perjuangan ayah selama bertugas juga cendramata dari Pak Soekarno,” pungkas Dini.

Berdasarkan beberapa referensi yang berhasil dihimpun, semasa Bung Karno menjadi presiden memiliki banyak tongkat komando dan tongkat tersebut sebagai salah satu perhiasan dirinya saat bertugas menjadi presiden.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini