2,5 Juta Batang Rokok Ilegal Asal Surabaya Disita Bea Cukai Sulawesi

Zulfikarnain, Okezone · Kamis 26 Januari 2017 00:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 26 340 1601157 2-5-juta-batang-rokok-ilegal-asal-surabaya-disita-bea-cukai-sulawesi-AWkeU67Xlg.jpg Ilustrasi (Okezone)

MAKASSAR – Sebanyak 2,5 juta batang rokok tanpa pita cukai disita petugas Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi saat diangkut menggunakan truk di kawasan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. Rokok itu diselundupkan dari Surabaya, Jawa Timur.

Rokok yang disita tersebut tanpa tanpa kemasan resmi. Penangkapan bermula dari kecurigaan petugas.

"Kami minta pada supirnya untuk perlihatkan barang yang dibawa. Setelah dibuka, didapati rokok tidak dikemas" kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penyidikan Kanwil Beacukai Sulawesi, Agus Amijaya, Rabu (25/1/2017).

Penangkapan dilakukan pada Selasa 24 Januari 2017 malam. Rokok tersebut, lanjut Agus, dipastikan ilegal karena tak dikemas dan tanpa pita cukai.

Rokok tersebut berasal dari Surabaya. Pelaku berencana menjual barang ilegal itu ke Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

"Diketahui barang ini merupakan kiriman dari Surabaya, Jawa Timur, melalui jalur laut Pelabuhan Soekarno-Hatta. Jutaan rokok ini rencananya akan diedarkan di Kabupaten Soppeng," imbuh Agus.

Total hasil penangkapan itu berjumalah 100 kantong atau 2,5 juta batang rokok. Jika diuangkan, Agus menaksir bisa mencapai Rp1,2 miliar.

Pasca-penangkapan itu, Bea Cukai Sulsel berencana berkoordinasi dengan Bea Cukai Jawa Timur, untuk menelusuri jejak barang ilegal tersebut.

"Saat ini baru sopir yang diamankan, kita juga berharap dapat mengamankan pemiliknya," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini