Hmm..Ternyata Ini Mitos Belajar Bahasa Inggris yang Salah!

Iradhatie Wurinanda, · Minggu 29 Januari 2017 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 27 65 1602851 hmm-ternyata-ini-mitos-belajar-bahasa-inggris-yang-salah-EMubQsmjRw.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Belajar bahasa Inggris tak cukup hanya teori, tetapi juga perlu praktik. Oleh sebab itu, banyak orangtua yang sudah memperkenalkan bahasa Inggris kepada anaknya sejak mereka kecil, bahkan dari masa balita.

Meski begitu, beberapa orangtua menganggap bahwa mengajak anak berbicara bahasa Inggris ketika kecil justru membuat mereka kebingungan. Nah, supaya anak cepat jago bahasa Inggris, berikut beberapa mitos yang perlu diperhatikan.

1. Ah, kasihan, nanti dia bingung bahasa

Mitos tersebut dibantah oleh Professor of Bilingual Education dari Amerika Serikat, Dr David Freeman dan Dr Yvonne Freeman. Sebab, semakin dini anak terpapar lebih dari satu bahasa, semakin cepat mereka menguasainya. Jadi, orangtua tak perlu takut kalau anaknya kebingungan.

2. Belajar satu bahasa dulu lalu bahasa lain

Mitos ini sama sekali tidak benar. Setelah mahir dalam satu bahasa, seseorang butuh mengumpulkan motivasi dan usaha kembali dari nol untuk mempelajari bahasa baru. Hal ini juga berlaku termasuk bagi anak.

3. Anak akan mencampur adukkan kedua bahasa

Percampuan bahasa adalah yang wajar, apalagi kalau anak masih dalam tahap belajar. Biasanya, jika ia tidak ingat atau tidak tahu kosakata salah satu bahasa dari apa yang ia maksud, maka ia akan menggunakan kosakata dari bahasa lainnya.

4. Sudah ada tontonan berbahasa Inggris di rumah, nanti juga bisa sendiri

Memberi tontonan atau bacaan berbahasa Inggris pada anak belum tentu membuat mereka jago ngomong Inggris. "Anak-anak harus dibiasakan berinteraksi dengan bahasa kedua paling sedikit 30 persen dari keseluruhan hari mereka saat mereka terjaga," tutur Professor bidang psikolingusitik dari McGill University, Fred Genesse. Jadi, hal itu yang menjadi salah satu faktor sukses menumbuhkan anak bilingual, bahkan multilingual.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini