Image

Belum Bayar Pajak, Sembilan Motor Milik Anggota TNI Ditahan

Narjo Usman, Jurnalis · Rabu, 1 Februari 2017 - 13:55 WIB
Motor anggotya TNI yang ditahan (foto: Narjo/Okezone) Motor anggotya TNI yang ditahan (foto: Narjo/Okezone)

TERNATE – Sebanyak sembilan sepeda motor milik anggota TNI AD Kodim 1501/Ternate, Maluku Utara, ditahan anggota Unit Intel Kodim karena masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) pemiliknya telah habis masa berlakunya dan belum membayar pajak kendaraan.

"Pemeriksaan kendaraan bermotor roda empat dan dua, baik kendaraan dinas maupun pribadi, didapat ada enam anggota yang SIM-nya sudah mati dan tiga orang belum membayar pajak. Saya langsung perintahkan Pasi Intel Lettu Inf Hadi Talaohu untuk menahan kendaraan anggota yang SIM-nya sudah mati dan belum membayar pajak kendaraan agar segera mengurus," ujar Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti kepada wartawan, Rabu (1/2/2017).

Kegiatan pemeriksaan kendaraan ini, jelas Abdul Razak, merupakan pengecekan rutin setiap tiga bulan sekali dalam rangka pelaksanaan Program Kerja Intel/Pam Bidang Pengamanan Materil di Satuan Kodim 1501/Ternate dan jajarannya.

"Pemeriksaan tersebut dilaksanakan oleh staf Intelijen, staf Logistik, dan anggota Provos dengan tujuan menertibkan kendaraan di lingkup Kodim 1501/Ternate dan jajarannya, dengan harapan semua kendaraan dinas maupun pribadi dalam kondisi baik dan lengkap sesuai aturan baik kelengkapan kendaraan itu sendiri maupun kelengkapan surat-surat dan kelengkapan lain yang harus dimikiki oleh anggota itu sendiri sehingga kendaraan tersebut layak pakai dan baik untuk digunakan anggota saat menggunakan di jalan raya," jelas Abdul Razak.

Ia menerangkan, pemeriksaan kendaraan bertujuan mengecek kendaraan dinas militer maupun pribadi serta surat-surat kelengkapannya bagi prajurit dan PNS TNI AD yang memegang kendaraan tersebut, mulai kelengkapan fisik kendaraan seperti spion, lampu, pelat nomor, lampu sein, rem depan-belakang, helm standar TNI AD, sampai surat-surat kendaraan seperti SIM umum/TNI, STNK, bukti lunas pajak.

"Tim pemeriksa dari staf Intel dan staf Log segera mendata anggota yang surat-surat kendaraan tidak lengkap dan yang sudah habis masa berlakunya untuk kemudian diajukan ke Denpom, Denpal, maupun berkoordinasi dengan kepolisian khusus untuk motor pribadi agar segera mendapatkan SIM TNI, SIM umum, maupun STNK," terangnya.

Selain untuk mengetahui kondisi dan kelengkapan kendaraan yang dipegang oleh prajurit dan PNS TNI AD. Pemeriksaan ini untuk membudayakan disiplin tertib berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan dalam berlalu lintas bagi prajurit dan PNS TNI AD, khususnya Kodim1501/Ternate dan jajarannya.

(wal)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming