nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mesranya Budaya Tionghoa dan Nusantara di Yogyakarta

Markus Yuwono, Jurnalis · Rabu 01 Februari 2017 21:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 01 510 1606910 mesrahnya-budaya-tionghoa-dan-nusantara-di-yogyakarta-GT8bTyFjY1.jpg

YOGYAKARTA - Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) ke XII digelar di Ketandan, Yogyakarta. Kali ini, gelaran tersebut lebih lama dibanding tahun sebelumnya.

Bila sebelumnya digelar hanya lima hari, tahun ini akan digelar selama tujuh hari dari tanggal 5 hingga 11 Februari 2017.

"Penyelenggaraan kali ini agak berbeda dengan sebelumnya, selain masa pelaksanaannya diperpanjang kami juga menyiapkan tiga panggung,"kata Ketua Umum PBTY XII di Kantor Humas Balaikota Yogyakarta,Tri Kirana Muslihdatun, Rabu (1/2/2017)

Pembukaan pada 5 Februari mendatang akan dibuka oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam pembukaan akan ada karnaval yang akan diikuti 6 dragon dan barongsay terbaik serta diikuti 24 kelompok maulai dari pelajar, mahasiswa, dan organisasi kesenian yang ada di Yogyakarta. Di karnaval juga akan ada ladies dragon. Lebih istimewa lagi, dragon terpanjang se Asia yang pernah memecahkan rekor Muri juga akan turut meramaikan karnaval.  

"Pembukaan PBTY XII bersamaan dengan kranaval Pekan Budaya Nusantara," sambungnya.

Ketua II Panitia PBTY 2017 Jimmy Sutanto, menyampaikan, Karnaval dimulai dari Taman Parkir Jalan Abu Bakar Ali dan finish Alun-Alun Utara Yogyakarta. Sedangkan pelaksanaan PBTY XII dipusatkan di Jalan Ketandan, kawasan Malioboro, Yogyakarta.  

Penambahan dua hari menjadi sepekan penyelenggaraan ini merupakan hasil usulan atau imbauan dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. PBTY hanya mengambil momentum tahun baru Tionghoa namun semua yang ditampilkan adalah seni budaya Nusantara.

"PBTY adalah pesta budaya seluruh Nusantara. Sehingga membangun Yogyakarta City Of Tolerance," bebernya.

Koordinator Pelaksana PBTU 2017 Bekti menambahkan Kampoeng Ketandan tidak akan dibiarkan sepi. Panitia telah menyiapkan banyak sekali penampilan menarik untuk menghibur para pengunjung. Antara lain kuliner Nusantara, panggung utama Ketandan, panggung hiburan, lomba Hanyu Qiao 2017, lomba Karaoke, lomba Bahasa Mandarin dan sebagainya.

Selain itu, juga ditampilkan rumah budaya Tionghoa jaman dahulu lengkap dengan perabotannya. (sym)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini