nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gonta-ganti Kurikulum, Mana yang Paling Tepat Diterapkan?

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 01 Februari 2017 20:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 01 65 1606793 gonta-ganti-kurikulum-mana-yang-paling-tepat-diterapkan-nArNd4iqcR.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pergantian kurikulum sudah menjadi hal yang lumrah dalam sistem pendidikan di Tanah Air. Bahkan, saat ini ada dua kurikulum yang berlaku, yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2006 dan kurikulum 2013 (K-13).

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi mengatakan, pemerintah harus segera menentukan kurikulum mana yang akan digunakan. Sebab, terdapat perbedaan pendekatan antara KTSP 2006 dan K-13.

"KTSP 2006 kurikulum berbasis sekolah. Tetapi pada K-13 pembelajaran mengikuti abad ke-21, di mana menekankan pada kemampuan berpikir kritis, objektif, dan belajar scientific. Itu sangat diperlukan saat ini," paparnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Di sisi lain, lanjut Unifah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin memperkuat pendidikan karakter untuk revolusi mental. Menurut dia, pendidikan karakter tersebut harus jadi bagian yang integral. Sedangkan konsepnya perlu memperhatikan nilai-nilai lokal setiap daerah.

"Jika KTSP 2006 yang berbasis sekolah, K-13 yang mendorong pembelajaran abad ke-21, disertai dengan pendidikan karakter ini didesentralisasikan dalam sebuah kurikulum baru, ini akan menjadi formulasi yang baik," terangnya.

Sebagai Ketua Umum PGRI yang baru dilantik, pihaknya meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) segera membuat model dan konsep, khususnya pada pengembangan pendidikan karakter. Terlebih, dalam waktu dekat masuk tahun ajaran baru.

"Konsep perlu dirapikan, ajak guru untuk berbicara. Dengan harapan kurikulum yang berlaku nantinya punya ruh pendidikan karakter," tukasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini