nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tepuk Tangan! Polisi Tangkap Kades Terpilih Tapi Berijazah Palsu

Melly Puspita, Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017 01:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 02 340 1608151 tepuk-tangan-polisi-tangkap-kades-terpilih-tapi-berijazah-palsu-YwtlNYlf3I.jpg Foto: Ilustrasi

PALEMBANG - Lantaran menggunakan Ijazah palsu untuk proses verifikasi dalam pemilihan Kepala Desa (Kades) di desanya, seorang kades terpilih ditangkap oleh Direktorat Kriminal Umum Polda Sumsel, Kamis 2 Februari 2017.

Bonasir (48), Kepala Desa Saleh Agung, Kecamatan Air Saleh Kabupaten Banyuasin ditetapkan penyidik sebagai tersangka setelah melewati beberapa kali proses pemeriksaan polisi.

Dir Ditreskrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Prasetijo Utomo mengatakan, penetapan dan penangkapan tersangka berdasarkan tindak lanjut dari laporan warga desa setempat yang menginformasikan bahwa ijazah yang digunakan untuk pencalonan pemilihan kepada desa oleh pelaku palsu.

"Diduga memalsukan ijazah untuk penyetaraan paket B yang diambil di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim. Dan setelah kami cek, ternyata nomor 0027475 yang tertera di ijazah paket B miliknya tersebut tidak tercatat di Dinas Pendidikan Muaraenim," tuturnya.

Ijazah palsu tersebut dibuat dan digunakan oleh tersangka untuk mengikuti pemilihan kades di desanya sebelum memenangkan pemilihan kades tersebut. "Untuk tersangka, saat ini masih aktif menjadi kades di desanya," tambahnya.

Polisi telah mengamankan barang bukti berupa fotokopi ijazah palsu paket B milik pelaku. Selain itu, pihak kepolisian juga akan berkoordinasi dengan jaksa penuntut umum (JPU) tentang pasal yang akan dikenakan, apakah Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen atau Pasal 266 tengang Pemalsuan Surat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini