Hujan Deras Disertai Puting Beliung 'Gempur' Tiga Desa di Karanganyar

Bramantyo, Okezone · Kamis 02 Februari 2017 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 02 512 1607286 hujan-deras-disertai-puting-beliung-gempur-tiga-desa-di-karanganyar-DZxVAtaJj7.jpg Bangunan yang terdampak angin puting beliung di Karanganyar, Jateng. Foto Bramantyo/Okezone

KARANGANYAR – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Rabu sore hingga Kamis (2/2/2017) dini hari merusakan puluhan rumah warga di 3 desa di lereng Gunung Lawu. Ketiga desa itu yakni Desa Girimulyo, Nglegok, dan Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Salah satu anggota tim SAR dari MDMC Karanganyar, Supri mengatakan, kondisi tersebut disebabkan karena hujan yang sangat deras yang turun dari siang hingga malam hari. Kondisi itu diperparah dengan puting beliung yang terjadi usai kumandang adzan Ashar.

"Kejadian puting beliungnya hanya sebentar, namum lumayan membuat berantakan," jelas Supri kepada Okezone, Kamis (2/2/2017).

 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya rumah yang sebagian roboh, genting dan atap rumah yang terbang tersapu angin. Bahkan sebuah rumah makan bergaya Belanda yang ada di perkebunan teh di Kemuning, porak poranda dihantam puting beliung.

Kondisi di lokasi favorit pengunjung untuk menikmati hangatnya teh sambil merasakan hawa segar pegunungan saat ini kondisinya berantakan. Teras dan juga payung tenda juga meja dan kursi berhamburan di sekitar halaman Ndoro Dongker.

Bahkan pohon yang berada di pinggir jalan dekat Ndoro Dongker juga roboh dan sembat menimbulkan kemacetan, karena pohon tersebut tumbang dan melintang di tengah jalan.

Karena lokasi jalan yang sempit dan menanjak, sehingga sangat berbahaya bagi pengguna jalan. Tim relawan bersama masyarakat juga Polsek Ngargoyoso dan Koramil langsung menyingkirkan pohon tersebut ke pinggir jalan begitu angin reda meski hujan tetap saja turun.

 

"Setelah angin menghilang, meski kondisi masih hujan, masyarakat bersama TNI/Polri dan relawan langsung singkirkan pohon yang melintang di jalan dan kondisi jalan kembali aman untuk dilalui," lanjut Supri.

Hari ini tim relawan bersama dengan masyarakat akan melakukan kerja bakti bersih-bersih rumah warga yang terkena puting beliung.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini