Dubes AS Ingin Makin Banyak Mahasiswa Indonesia Belajar di Amerika

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 07 Februari 2017 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 07 65 1611345 dubes-as-ingin-makin-banyak-mahasiswa-indonesia-belajar-di-amerika-AyQPShTqAn.jpg Foto: Rahman Asmardika

JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan mengungkapkan, ingin memperbanyak kerjasama di bidang pendidikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar ke Negeri Paman Sam tersebut.

"Kami coba tingkatkan jumlah mahasiswa Indonesia di AS. Akan kami eksplorasi lagi kerjasama sektor pendidikan ini," tuturnya kala berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Daar el Qolam, Serang, Banten, belum lama ini.

Donovan menjelaskan, ada banyak tawaran beasiswa ke AS yang bisa dimanfaatkan, baik dari pemerintah maupun institusi swasta. Bahkan, peluang para santri untuk lolos pun terbuka asalkan memiliki prestasi akademis yang baik

Selain kuliah, kata Donovan, terdapat beberapa program pertukaran yang bisa diikuti anak muda. Salah satunya, yakni peace corp yang masih jarang diikuti pelajar Indonesia.

"Ada program yang diabaikan di Indonesia, yaitu peace corp. Waktu saya lulus perguruan tinggi, saya jadi relawan di peace corp Korea untuk jadi guru bahasa Inggris. Saya juga ingin melakukan hal serupa di Indonesia," paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Donovan turut mengapresiasi pihak tuan rumah yang menyambut kedatangannya dengan antusias. Menurutnya, Ponpes Daar el Qolam memiliki reputasi yang baik, terlebih beberapa guru merupakan jebolan sejumlah kampus ternama di AS.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini