Share

Komnas HAM Akan Bentuk Perwakilan di Papua Barat

Agregasi Antara, · Kamis 09 Februari 2017 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 09 340 1613834 komnas-ham-akan-bentuk-perwakilan-di-papua-barat-LD1BmNQQsG.jpg

KUPANG - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) resmi membentuk kantor perwakilan di Papua Barat sebagai bagian dari upaya mendekatkan pelayanan bagi warga di provinsi teranyar di Indonesia itu.

"Kita sudah lakukan sidang atas usulan pembentukan perwakilan itu dan bersepakat untuk membentuknya di Papua Barat," kata Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai di Kupang, Kamis (9/2/2017).

Menurut dia, di perjalanan awal pembentukan perwakilan melalui sidang Paripurna pertama Komnas HAM yang digelar 7 Desember 2016 lalu, Komnas HAM mengawalinya dengan menjajaki Pembentukan Kantor Perwakilan Komnas HAM di Papua Barat.

Dalam sidang tersebut, semua komisioner sepakat untuk menerima penjajakan itu dengan melakukan studi kelayakan yang melibatkan sejumlah komisioner di lembaga tersebut.

"Kebetulan yang ditunjuk sebagai ketua tim studi kelayakan pembentukan kantor perwakilan Koman HAM Papua Barat adalah saya sendiri bersama beberapa komisioner sebagai anggota tim," katanya.

Dalam konteks tersebut, studi kelayakan dilakukan dan berakhir dengan penyiapan berkas administrasi dengan terdahulu melakukan koordinasi dan konsultasi dengan sejumlah pihak di antaranya, DPRD Kabupaten dan Provinsi Papua Barat serta MPR secara kelembagaan.

"Semuanya sudah selesai dan sudah dijadikan dasar keputusan pada paripurna Komnas HAM pada Rabu 8 Februari 2017 kemarin," jelasnya.

Dalam rapat paripurna itu, Komnas HAM secara bulat memutuskan menerima Naskah Akademik untuk pembentukan Kantor Perwakilan Komnas HAM RI di Manokwari.

Dia mengatakan, keputusan Komnas HAm tersebut merupakan sebuah upaya yang tidak mudah untuk menghadirkan lembaga pengawas independen seperti Komnas HAM di Tanah Papua di tengah berbagai usulan permintaan dari provinsi lainnya.

Komnas HAM menurut dia, saat ini hanya memiliki enam perwakilan dan Kantor Perwakilan di Papua Barat menjadi yang ke tujuh. "Untuk di tanah Papua memiliki dua kantor perwakilan dari tujuh kantor perwakilan di seluruh Indonesia," katanya.

Pascapenetapan tersebut, secara kelembagaan Komnas HAM dan DPRD serta Pemerintah Provinsi Papua Barat akan menandatangi nota kesepahaman untuk sebuah komitmen dan konsistensi pemajuan dan penegakan HAM di tanah Papua.

Komnas HAM secara kelembagaan akan mengutus salah seorang pejabat senior dan staf untuk bertugas setahun di Manokwari sekaligus mempersiapkan kapasitas kelembagaan, personel, sarana prasarana dan membangun koordinasi dengan pemerintah, DPRD, masyarakat sipil dan seluruh masyarakat Papua Barat.

"Inilah sedikit kontribusi saya untuk bangsa dan rakyat di Tanah Papua dan lembaga ini akan bersuara untuk menyuarakan rintihan, ratapan, tangisan dan kesediaan yang menghiasi saban di di seluruh pelosok dari lepas pantai, pulau, pesisir, pedalaman dan pegunungan Papua serta Papua Barat," kata putra kelahiran Papua itu.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini