Tuna Netra Tak Tahu Paslon yang Bertarung di Pilkada Kota Batu

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 09 Februari 2017 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 09 519 1613589 tuna-netra-tak-tahu-paslon-yang-bertarung-di-pilkada-kota-batu-TZik5E092l.jpg

KOTA BATU - Minimnya sosialisasi membuat belasan tunanetra di Kota Batu tidak tahu siapa saja yang akan bertarung dalam Pilkada Kota Batu, Jawa Timur pada 15 Februari 2017.

Adam Malik, selaku Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kota Batu mengatakan, tidak ada satupun tim pasangan calon peserta Pilkada Kota Batu yang menyentuh mereka.

Karena itu, saat ada sosialisasi cara memilih pasangan calon dalam Pilkada Kota Batu yang digelar tim Relawan Demokrasi Kota Batu, Kamis (9/2/2017) ini, pihaknya sangat antusias.

Belasan anggota Pertuni Kota Batu berkumpul di panti pijat tunanetra dan antusias mengikuti sosialisasi cara memberikan hak suara. Selain tidak banyak yang bisa membaca huruf braille, banyak dari mereka adalah pemilih pemula yang benar-benar tidak tahu tentang pilkada dan tata caranya.

Dalam sosialisasi ini, para penyandang tunanetra ini diajarkan mulai cara membaca surat suara, memilih, hingga memasukkan surat suara ke kotak suara.

Menurut Siti Muawiana dari tim Relawan Demokrasi Kota Batu, meski telah mendapatkan sosialisasi tata cara melakukan pemilihan dan memberikan hak suaranya, para penyandang tunanetra tersebut masih membutuhkan pendampingan relawan ataupun anggota keluarga untuk memberikan hak suaranya pada 15 Februari mendatang.

Untuk diketahui, Pilkada Kota Batu diikuti empat pasangan calon yakni Rudi-Sujono Djonet nomor urut 1, Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso nomor urut 2, Hairuddin-Hendra Angga Sonatha nomor urut 3, dan Abdul Majid-Kasmuri Idris nomor urut 4.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini