Kunjungan Perdana, PM Jepang Bertemu Trump di Washington

Emirald Julio, Okezone · Jum'at 10 Februari 2017 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 10 18 1615148 kunjungan-perdana-pm-jepang-bertemu-trump-di-washington-PhZxfHEWv6.jpg Foto PM Jepang, Shinzo Abe, tiba di Negeri Paman Sam (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC – Selama dua hari, 9-10 Januari waktu setempat, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkunjung ke Negeri Paman Sam untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pada kunjungan perdananya itu, Abe dipastikan akan membicarakan berbagai hal khususnya perihal hubungan bilateral AS-Jepang. Bahkan ketika mendarat di Washington DC, sang PM Jepang sudah siap membahas arah baru hubungan kedua negara khususnya di bidang perdagangan dan pertahanan.

Namun ini bukanlah pertama kalinya Trump dan Abe bertatap muka. Pasalnya pada November 2016, keduanya sudah bertemu di New York, tak lama setelah Trump dinyatakan sebagai pemenang pilpres AS. Kala itu,  Abe menyatakan, Trump merupakan sosok pemimpin yang dapat dipercaya.

AS sebagai sekutu terdekat Jepang memegang peranan kunci dalam kaitan politik luar negeri hingga keamanannya. Kali ini, perhatian utama pertemuan Abe dan Trump difokuskan pada beberapa isu penting, seperti pengembangan nuklir hingga ekspansi China.

Bila sesuai dengan jadwal, maka usai mengadakan pertemuan tertutup, Trump akan mengajak Abe mengunjungi resor mewah Mar-a-Lago di Florida. Di resor milik Trump itulah diduga keduanya akan melakukan diplomasi via golf.

Hal yang serupa pernah dilakukan oleh kakek sang PM Jepang, Nobusuke Kishi. Kishi. PM Jepang pasca-Perang Dunia II itu menantang Presiden ke-34 AS, Dwight Eisonhower, untuk bermain golf pada 1957.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini