nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merger Kampus Swasta, Pemerintah Diminta Buat Aturan Jelas

Susi Fatimah, Jurnalis · Jum'at 10 Februari 2017 13:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 10 65 1614734 merger-kampus-swasta-pemerintah-diminta-buat-aturan-jelas-YwaLDzGDj7.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pemerintah melalui Kemristekdikti mendorong kepada perguruan tinggi swasta (PTS) yang sulit berkembang untuk melakukan merger dengan kampus swasta lainnya.

Menanggapi hal itu, Pengamat pendidikan Doni Koesoma menilai persoalan merger antar kampus bukan hal yang mudah. Sebab bisa saja tak semua pemilik kampus mau melakukan merger dengan kampus lainnya. Belum lagi, sambung dia, lokasi antar kampus juga menjadi faktor dalam melakukan merger.

"Alternatif merger tidak begitu mudah, apalagi kampus kecil ikut besar, atau yang kecil-kecil merger tapi lokasinya jauh-jauhan," tuturnya kepada Okezone, Jumat (10/2/2017).

Menurutnya, Kemristekdikti harus punya aturan yang jelas jika ingin menertibkan PTS. Misalnya syarat fisik yaitu luas tanah dan bangunan perlu diatur, kemudian dari sisi manajemen dan administrasi pun demikian.

"Penataan dasarnya harus kuat, misal ada syarat-syarat luas tanah bangunan untuk fisik, manajemen dan administrasi, jumlah mahasiswa dan dosennya," tuturnya.

Sebelumnya, Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Patdono Suwignjo mengatakan, terus melakukan pembinaan pada perguruan tinggi swasta (PTS) yang mengalami berbagai masalah. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni merger kampus.

"Kampus seperti ini kita dorong untuk merger. Bisa yang kecil bergabung jadi satu atau yang kecil merger dengan yang kuat," ujarnya belum lama ini.

Patdono menjelaskan, definisi kampus kecil sendiri, misalnya perguruan tinggi yang tidak punya cukup dana atau anggaran untuk pengembangan dan operasional kampus. Proses merger, ucap Patdono, bisa dilakukan masing-masing kampus mulai tahun ini.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini