nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duh, Kampus di Ruko Berpeluang Munculkan Ijazah Palsu

Susi Fatimah, Jurnalis · Sabtu 11 Februari 2017 08:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 10 65 1614820 duh-kampus-di-ruko-berpeluang-munculkan-ijazah-palsu-xK9LcGV2sh.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kemristekdikti tengah menertibkan kampus-kampus swasta yang berlokasi di rumah toko (ruko). Hal itu dilakukan agar kualitas pendidikan di Tanah Air dapat lebih baik kedepannya. Seperti diketahui, saat ini banyak sekali kampus-kampus swasta yang berlokasi di ruko-ruko.

Pengamat pendidikan, Doni Koesoema, mengakui kampus swasta yang berada di ruko berpeluang untuk munculkan ijazah palsu. Sebab kebanyakan secara administrasi kampus tersebut kurang tertib, seperti jumlah dosen dan mahasiswa.

"Tiba-tiba nanti ada ijazah padahal tidak pernah ada kelas," tuturnya saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Oleh karenanya, menurut dia, Kemristekdikti harus memberikan ketegasan pada kampus-kampus tersebut agar tak ada lagi kasus ijazah palsu yang sempat menggemparkan beberapa waktu lalu.

"Kemristekdikti pernah memberikan rapor merah kepada ratusan perguruan tinggi, tapi sampai sekarang tidak jelas bagaimana, katanya akan dibina itu juga tidak tahu bagaimana perkembangannya," paparnya.

Dia menjelaskan, beberapa perguruan tinggi memang diperbolehkan melakukan perkuliahan jarak jauh, namun hal itu tentu melihat kualitas kampus tersebut. Dia mencontohkan, Universitas Gadjah Mada (UGM) yang membuka kelas jarak jauh untuk mahasiswa di Jakarta tak masalah sebab dilakukan di sebuah gedung.

"UGM kelas jarak jauh, di gedung enggak apa-apa," katanya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini