Presiden AS dan Diplomasi Lapangan Golf

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 11 Februari 2017 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 11 18 1615787 presiden-as-dan-diplomasi-lapangan-golf-BIuRKioaKt.jpg Presiden AS Donald Trump diketahui memiliki sejumlah lapangan golf di seluruh dunia. (Foto: Reuters)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersama dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di sela kunjungan pemimpin Jepang itu ke AS. Melalui diplomasi lapangan golf itu, kedua pemimpin negara akan berusaha membangun hubungan personal yang lebih dekat demi kepentingan AS dan Jepang.

Diplomasi lapangan golf ini bukanlah sebuah cara baru yang digunakan para diplomat dan pemimpin negara untuk membina hubungan baik dengan mitranya.

Cara ini telah coba dilakukan oleh PM Australia Malcolm Turnbull menyusul kemenangan Presiden Trump dalam Pemilihan Presiden AS November 2016. PM Turnbull meminta bantuan mantan juara golf dunia, Greg Norman yang juga merupakan teman main golf Donald Trump untuk mendukungnya menarik hati Trump.

Bantuan Norman membuat Turnbull menjadi pemimpin negara pertama yang mendapat kesempatan berbincang dengan Trump melalui telefon sebelum yang para pemimpin lainnya. Sayangnya, hubungan yang terbina antara Trump dan Turnbull memburuk akibat kebijakan luar negeri AS.

PM Jepang Shinzo Abe tampaknya juga menggunakan olahraga kaum elit itu untuk melakukan pendekatan dengan Trump. Ketika keduanya bertemu di New York pada November 2016, Abe memberikan hadiah berupa stik golf kepada Trump, sedangkan sang presiden terpilih memberikan kaus golf kepada Abe. Sebentar lagi, keduanya akan bermain bersama di Mar-a- Lago, Palm Beach, Florida, AS.

Golf telah lama digunakan sebagai metode diplomasi di Negeri Paman Sam. Bahkan, The New Paper, Sabtu (11/2/2017) menyebut permainan golf telah menjadi bagian dari tradisi politik di AS.

Bukan hanya Trump, presiden-presiden AS sebelumnya juga gemar menggunakan olahraga pukul bola ke dalam lubang ini sebagai untuk membangun hubungan dan melicinkan urusan kenegaraan.

Presiden AS ke-44 Barack Obama dikenal sebagai tokoh yang sangat menggemari golf. Dia bahkan dikritik karena kedapatan asyik bermain golf bersama dengan PM Malaysia Najib Razak saat negaranya mengalami musibah banjir parah pada 2014. PM Najib kala itu angkat bicara membela koleganya dan mengatakan bahwa mereka tengah melakukan diplomasi lapangan golf.

Selain Obama, mantan Presiden AS lainnya Lyndon B. Johnson juga diketahui menggunakan golf sebagai jalur diplomasi. Diplomasi lapangan golf disebut berperan besar dalam keberhasilan Johnson menggolkan undang-undang hak sipil pada 1964.

Meski begitu, diplomasi cara ini tidak selalu berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Tetapi, untuk membangun hubungan personal, diplomasi lapangan golf biasanya memberikan hasil yang positif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini