Shinzo Abe Optimis Pertemuannya dengan Trump Berbuah Manis

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Sabtu 11 Februari 2017 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 11 18 1615854 shinzo-abe-optimis-pertemuannya-dengan-trump-berbuah-manis-udPRoplblB.jpg Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Makan Malam dengan Presiden AS, Donald Trump di Palm Beach, Florida. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DCPresiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe membahas kerjasama perdagagan bilateral pasca keluarnya AS dari keanggotaan Trans-Pacific Partnership (TPP). Pembahasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

Sebagaimana dilansir dari IBTimes, Sabtu (11/2/2017) Abe meyakini pembicaraannya dengan Trump akan membuahkan hasil baik.

"Saya optimis dari pembicaraan dan pertemuan ini akan didapatkan hasil baik. Jepang akan terus menungkatkan kemajuan dengan terus berinisiatif. Presiden Trump dan saya memiliki tekad kuat yang sama. Kami akan menciptakan pasar yang bebas dan adil, sesuai dengan aturan di kawasan Asia Pasifik," ujar Abe.

Dalam pembicaraan tersebut, Abe dan Trump juga membahas dampak kebijakan 'American First' terhadap Jepang. Abe ingin memastikan bahwa kebijakan tersebut tidak akan menganggu kerjasama kedua negara di mana AS merupakan tujuan ekspor utama dari Jepang.

Selain itu, keduanya juga menegaskan misi mereka untuk memperkuat aliansi pertahanan Jepang-AS. Dalam kesempatan tersebut Presiden Trump telah menyatakan komitmennya untuk membela Jepang terkait Kepulauan Senkaku yang terancam agresi China. Perjanjian tersebut menyebutkan AS akan mengambil tindakan apabila Jepang mendapat serangan.

PM Jepang Shinzo Abe bersama istrinya, Akie Abe tiba di Negeri Paman Sam pada Kamis 9 Februari malam waktu setempat. Kedua pemimpin negara berusaha membangun hubungan personal yang lebih dekat melalui diplomasi lapangan golf. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini