nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

250 kilogram Bom Dijinakkan, Puluhan Ribu Warga Dievakuasi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 12 Februari 2017 16:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 12 18 1616308 250-kilogram-bom-dijinakkan-puluhan-ribu-warga-dievakuasi-78HGSBS5je.jpg Tentara Yunani menurunkan ratusan karung berisi pasir di lokasi penemuan bom (Foto: Alexandros Avramidis/Reuters)

THESSALONIKI – Puluhan ribu warga Yunani di Kota Thessaloniki dievakuasi dari rumah mereka gara-gara 250 kilogram (kg) bom peninggalan Perang Dunia II. Evakuasi dilakukan agar ahli penjinak bom dapat menunaikan tugasnya tanpa gangguan.

Bom seberat 250 kg itu ditemukan pada kedalaman 5 meter (m) saat pekerjaan penggalian di sebuah pom bensin pada pekan lalu. Lebih dari 72 ribu warga yang tinggal dalam radius 2 kilometer (km) dari lokasi penemuan bom diminta untuk segera meninggalkan rumah mereka.

Warga dibawa dengan menggunakan ribuan unit bus ke gymnasium, stadion, dan kafe terdekat. Para pengungsi dan pencari suaka yang tinggal di penampungan dekat bekas pabrik juga akan dievakuasi. Mereka akan dibawa menuju sebuah museum di kota terbesar kedua di Negeri Para Dewa tersebut.

“Kami sudah sangat siap. Saya meminta warga untuk tetap tenang. Tidak ada alasan untuk panik, tidak ada bahaya, langkah yang diambil adalah pencegahan, serta untuk keselamatan warga. Operasi tersebut diharapkan paling lama berlangsung selama enam jam,” ujar Gubernur Thessaloniki Apostolos Tzitzikostas, seperti dimuat Reuters, Minggu (12/2/2017).

Sebelum mengevakuasi warga, para personel militer menurunkan ratusan karung berisi pasir ke dalam lubang galian tersebut pada Jumat 10 Februari 2017. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah bom yang berstatus masih aktif itu sewaktu-waktu meledak.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini