nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakistan Larang Rayakan Hari Valentine

Silviana Dharma, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2017 10:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 14 18 1617702 pakistan-larang-rayakan-hari-valentine-CAQpUGSEGk.jpg

ISLAMABAD – Pengadilan Tinggi Pakistan mengumumkan larangan perayaan Hari Valentine sejak Senin 13 Februari 2017. Seruan ini berlaku untuk segala jenis perayaan berhubungan dengan Hari Kasih Sayang di tempat publik dan gedung milik pemerintah.

Pemerintah juga telah melarang media cetak, elektronik maupun daring untuk memberi porsi besar pada liputan tentang momen penuh cinta ini. Kegiatan dagang yang mempromosikan nuansa Valentine juga dilarang.

Diwartakan Daily Mail, Selasa (14/2/2017), larangan ini berhasil diloloskan pengadilan setelah ada petisi yang menuntut Hari Valentine tidak dirayakan. Sebab perayaan semacam ini bukan bagian dari tradisi umat Islam.

Tahun lalu, Presiden Mamnoon Hussain mendesak warga Pakistan meninjau kembali makna Hari Valentine. Pada masa itu, para ulama di Islamabad sudah sangat gencar menentang peringatan hari kematian Santo Valentine, orang suci dari Gereja Katolik tersebut. Namun tuntutan mereka tidak diloloskan.

Kini mereka datang dengan kecaman yang lebih besar. Presiden Hussain menegaskan, hari raya yang identik dengan tukar cokelat itu adalah budaya barat. Jika diteruskan, budaya tersebut dapat menggerus nilai keislaman yang dianut di Pakistan.

“Valentine’s day tidak ada hubungannya dengan budaya kita dan selayaknya dihindari,” tukas Hussain tahun lalu saat menghadiri perayaan hari nasional di Pakistan.

Pekan ini, media lokal melaporkan hari Valentine sebagai bentuk penistaan terhadap agama Islam. Meski begitu, sejumlah pemerintah kota tetap meyakini aturan tersebut tidak dapat dipaksakan.

Larangan merayakan Hari Valentine faktanya juga diserukan sekelompok pelajar Muslim di Indonesia. Mereka menolak perayaan ini karena dinilai memotivasi orang untuk melakukan kegiatan seksual di luar pernikahan yang sah.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini