Image

Nih, Beda Kuliah di AS dengan di Negara Lainnya

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA - Kuliah di luar negeri selalu memberi pengalaman berharga bagi para mahasiswanya. Beda negara, tentu akan berbeda cerita. Lantas, gimana sih rasanya kuliah di Amerika Serikat (AS).

Staf Ahli Bidang Akademik Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Paulina Pannen mengungkapkan, AS merupakan negara yang sangat multikultural dengan berbagai macam latar belakang penduduknya. Menurut dia, hampir semua kota bisa dipilih untuk melanjutkan studi.

"Pertama, di sana itu sangat toleransi dan multikultural. Jadi masyarakat metropolis yang kosmopolitan seperti Jakarta ini bukan hanya di satu kota. Di setiap negara bagian ada, semuanya masyarakatnya beragam," terangnya ditemui di EducationUSA Indonesia Fair di Hotel Mulia, Jakarta, baru-baru ini.

Karena situasi tersebut, wanita yang juga pernah mengenyam pendidikan di Negeri Paman Sam itu merasa bahwa atmosfer belajar di kampus AS sangat kondusif. Paulina mengatakan, keunggulan studi di AS berikutnya, yakni kebebasan berekspresi.

"Mahasiswa boleh berpendapat apa saja kepada dosen. Bebas untuk mengeluarkan apa yang dipikirkan, tidak ada hal yang dianggap salah," tuturnya.

Oleh sebab itu, tak heran jika mahasiswa yang kuliah di Amerika akan kritis. "Biasanya kalau lulusan kampus sana, pulang ke Indonesia jadi berani ngomong semua," tukasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x