Image

Pilih Bidang STEAM, Peluang Beasiswa ke AS Makin Besar Lho!

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA - Biaya kuliah di luar negeri, terlebih Amerika Serikat (AS) tentu tidak murah. Oleh sebab itu, banyak mahasiswa Indonesia yang mengandalkan beasiswa demi kuliah di Negara Adikuasa tersebut.

Sayangnya, saat ini jurusan, seperti bisnis dan ilmu sosial lainnya masih menjadi favorit para pemburu beasiswa. Di sisi lain, pemerintah banyak membutuhkan mahasiswa yang belajar bidang science, technology, engineering, art and mathematics (STEAM).

"Ada imbauan ambil STEAM, misalnya pada beasiswa LPDP. Beasiswa yang diutamakan peminatan STEAM," ucap Staf Ahli Bidang Akademik Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Paulina Pannen ditemui di Pameran Pendidikan Amerika, baru-baru ini.

Meski begitu, kesempatan beasiswa kuliah di AS tetap terbuka untuk berbagai bidang. Dia pun mencontohkan sistem seleksi pada beasiswa ke AS.

"Contohnya bagi yang memilih STEAM dengan angka kelulusan 70 persen sudah bisa lolos. Tetapi kalau pilih program lain, seperti bisnis mungkin butuh angka kelulusan 80 persen sampai 90 persen dalam aplikasinya," paparnya.

Saat ini, imbuh dia, tren mahasiswa kuliah di AS mengalami penurunan. Tercatat ada 9.000 mahasiswa Indonesia kuliah di berbagai kampus di Negeri Paman Sam.

"Zaman saya dulu mencapai 21 ribu bahkan 30 ribu. Oleh karena itu, yuk sekarang bagimana caranya supaya jumlahnya meningkat lagi karena sata rasa pengalaman belajar di sana sangat bermanfaat," pungkas wanita yang pernah kuliah di AS itu.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x