Image

Dibanderol Rp8 Miliar, Begini Cara Kerja Mobil Terbang Pal-V

Anton Suhartono, Jurnalis · Jum'at, 17 Februari 2017 - 10:13 WIB
(Pal-V) (Pal-V)

AMSTERDAM - Produsen mobil terbang asal Belanda, Pal-V International BV, mulai membuka pemesanan produk Pal-V. Mobil tersebut akan diproduksi akhir tahun ini dan dikirim pada akhir 2018 setelah mendapat sertifikasi dari otoritas terkait.

Mobil ini bisa menampung dua orang dengan desain seperti helikopter. Rodanya ada tiga, yakni satu di depan dan dua di belakang. Dengan suspensi yang rendah, maka posisi berkendaranya seperti mobil sport.

Untuk bisa diterbangkan, Pal-V membutuhkan waktu 10 menit untuk proses transisi. Proses paling lama adalah mengembangnya baling-baling utama hingga siap diputar serta membentangkan sirip kecil.

"Di darat, mobil ini bisa dikendarai seperti sportcar. Dalam beberapa menit, baling-baling akan membuka dan siripnya memanjang. Lalu mobil ini siap untuk terbang. Ini berkat teknologi gyrocopter terbaru," demikian pernyataan Pal-V.

Mengandalkan mesin bensin 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 230 hp, Pal-V bisa melaju dengan kecepatan maksimum 180 kilometer per jam, baik di darat maupun udara. Akselerasi dari 0-96 km/jam dapat dicapai dalam delapan detik.

Perusahaan menjamin Pal-V akan mendapat sertifikat regulasi penerbangan di Eropa, EASA CS 27. Setelah itu, Pal-V akan mendapat sertifikat FAR 27 untuk penerbangan Atlantik. Untuk penggunanya, selain memiliki SIM juga harus mengantongi Sport Pilot Certificate.

"Sekarang Anda bisa meninggalkan rumah dan terbang ke hampir semua tujuan. Menghindari kepadatan lalu lintas, melintasi danau, sungai, gunung, seperti seekor elang," kata CEO Pal-V, Robert Dingemanse, seperti dikutip dari Daily Mail.

Pal-V akan memproduksi 90 unit mobil terbang, di mana 25 unit di antaranya akan dipasarkan di Amerika Utara.

Bahan utamanya menggunakan serat karbon, titanium, dan aluminium dengan bobot total mencapai 750 kilgram. Dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 27 galon, Pal-V bisa menjelajah hingga 352 kilometer jika terbang rendah atau di ketinggian sekira 1,3 kilometer. Jika digunakan di darat, daya jelajahnya mencapai 12 ribu km.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming