VIDEO: Tak Bisa Bayar Kamar Mayat, Jenazah Disita di Pemakaman

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017 04:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 16 18 1619614 video-tak-bisa-bayar-kamar-mayat-jenazah-disita-di-pemakaman-6oCttJwo9H.jpg Foto: YouTube

ACCRA – Para pelayat di sebuah acara pemakaman di Ghana terkejut saat pengiring jenazah tia-tiba membuka peti mati dan menyita jasad almarhum yang baru akan dimakamkan. Insiden itu diduga terjadi karena keluarga almarhum tidak dapat membayar biaya pelayanan kepada kamar mayat.

Video yang diambil saksi mata dalam kejadian itu memperlihatkan dua orang membuka peti di pemakanan di Accra, kota di sebelah selatan Ghana. Kedua orang itu kemudian memanggul jenazah di bahu mereka dan pergi disaksikan oleh keluarga almarhum dan simpatisan.

Russia Today, Kamis (16/2/2017) menyebutkan, kedua orang tersebut adalah pegawai kamar mayat yang bertindak setelah keluarga almarhum mengambil jenazah tanpa mampu membayar uang jasa sebesar 40 cedi (sekira Rp120 ribu).

Situasi itu akhirnya berakhir setelah rekan tinggi keluarga itu ikut turun tangan dan pemakaman dapat dilanjutkan.

“Saya telah bicara dengan petugas kamar mayat, itu adalah pekerjaan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan rumah sakit,” kata Direktur Rumah Sakit Dr. Adusei Poku.

Video: YouTube/WORPI1

Dia juga membela langkah kamar mayat dan mengatakan mereka berhak untuk melakukan hal itu. Menurutnya, keluarga almarhum seharusnya memberi tahu bahwa mereka kesulitan membayar jasa kamar mayat alih-alih mengambil jasadnya. Dalam pernyataannya, rumah sakit meminta kedua belah pihak menghormati kesepakatan yang dibuat baik itu resmi maupun tidak.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini