Drone Pembawa Sistem Rahasia AS Ditembak Jatuh di Yaman

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 Februari 2017 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 16 18 1619624 drone-pembawa-sistem-rahasia-as-ditembak-jatuh-di-yaman-UleFwOmgv0.jpg Foto drone terbakar yang dipublikasikan media lokal di Yaman. (Foto: Hour News)

SANAA - Sebuah pesawat nirawak atau drone milik Amerika Serikat (AS) yang membawa informasi sistem geolokasi rahasia dilaporkan telah ditembak jatuh di Provinsi Marib, Yaman. Media lokal menyebutkan, drone itu ditembak jatuh oleh pasukan kelompok Houthi di Distrik Sirwah pada Selasa, 14 Februari 2017.

“Angkatan udara dan komite populer berhasil menjatuhkan salah satu drone milik agresor AS-Saudi,” demikian pernyataan dari sumber anonim militer Houthi yang dilansir New Arab, Kamis (16/2/2017).

Media lokal memublikasikan sebuah foto yang memperlihatkan drone yang ditembak dalam keadaan terbakar bersama dengan foto sistem geolokasi GILGAMESH yang digunakan Komando Operasi Khusus Gabungan militer AS dalam perang dronenya di Yaman. GILGAMESH adalah sistem geolokasi rumit yang digunakan militer AS untuk menentukan target sasaran drone mematikannya di Yaman.

Foto: Hour News

Tulisan “Dirahasiakan Ketika Diinput,” terlihat tertulis di salah satu puing drone, sedangkan di pecahan lain kata GILGAMESH dapat terbaca secara jelas.

Seorang sumber militer yang tak disebutkan namanya mengatakan, pesawat yang ditembak jatuh di Yaman adalah pesawat tanpa awak berukuran besar pembawa rudal, Phantom. Namun, sumber itu tidak menyebutkan apakah pesawat tempur itu milik militer AS atau bukan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini