Image

VIDEO: Tersesat, Kru Helikopter Tanya Arah ke Sopir Truk

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis, 16 Februari 2017 - 20:39 WIB
Salah seorang kru helikopter terburu-buru menanyakan arah kepada sopir truk (Foto: Zello Kaz/Youtube) Salah seorang kru helikopter terburu-buru menanyakan arah kepada sopir truk (Foto: Zello Kaz/Youtube)

SATU unit helikopter perang Mi-8 mendarat di sebuah ruas jalan tol di Kazakhstan. Pendaratan tersebut menghalangi laju iring-iringan sejumlah truk di tengah jalan tol yang diselimuti salju. Kejutan terjadi. Salah satu kru helikopter itu tiba-tiba keluar dan bertanya arah ke kota terdekat kepada sopir truk.

“Apa yang dia lakukan? Dia (helikopter) hanya diam saja di tengah jalan,” tutur seseorang, seperti dimuat Russia Today, Kamis (17/2/2017). Sopir truk paling depan semakin khawatir karena baling-baling dengan rentang 21 meter (m) itu bisa tiba-tiba merobek kendaraannya.

Sumber: Zello Kaz/Youtube

Seorang kru helikopter lalu keluar dan nampak lari terburu-buru ke arah truk paling depan tersebut. Kru itu kemudian menjabat tangan sopir truk dan mengarahkan jarinya ke sejumlah arah berbeda. Setelah puas atas jawaban sopir truk tersebut, kru helikopter itu segera kembali.

“Mereka tersesat. Dia bertanya arah menuju Aktobe,” ujar suara dalam percakapan radio. Sopir truk lainnya heran bagaimana bisa helikopter tersesat di ruas jalan tol. Di tengah kebingungan tersebut, helikopter kembali menyalakan mesin dan mengudara seakan tidak ada insiden yang terjadi.

Kementerian Pertahanan Kazakhstan langsung merilis pernyataan terkait insiden tersebut setelah video menyebar luas di media sosial. Mereka mengaku itu adalah bagian dari latihan orientasi visual di mana seorang pilot latih harus menentukan lokasi dengan kemampuan sendiri.

Latihan tersebut diklaim berlangsung dengan sukses. “Helikopter sekarang sudah kembali ke pangkalan udara,” tutup pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Kazakhstan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming