Image

Gara-Gara LCGC 7-Seater, City Car Mirage Tipe Terendah Kena Imbas

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at, 17 Februari 2017 - 08:29 WIB
Mitsubishi Mirage (Okezone) Mitsubishi Mirage (Okezone)

BANDUNG - Tidak bisa dipungkiri kedatangan low cost green car (LCGC) 7-seater berimbas pada penjualan mobil perkotaan atau city car. Hampir semua agen pemegang merek yang memasarkan mobil di segmen tersebut turut merasakan dampaknya, salah satunya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

Imam Choeru Cahya, head of MMC sales and marketing group KTB mengatakan, model yang paling terkena dampaknya adalah Mirage tipe terendah.

"Dengan kemunculan LCGC ini terpenetrasi ke segmen Mirage. Bukan hanya Mirage saja, beberapa merek lain juga, terutama ke segmen Mirage yang low grade karena harganya tidak terlalu berbeda jauh," kata Imam, di Bandung, Kamis 16 Februari 2017.

Kemudian, lanjut Imam, tipikal konsumen Mirage tipe terendah adalah orang-orang yang baru pindah dari sepeda motor ke mobil. Jadi rata-rata mereka mencari mobil yang harganya terjangkau. Dengan adanya pilihan baru dengan harga murah dengan kapasitas 7-seater, otomatis mereka akan beralih.

Dijelaskannya, tipe lain dari Mirage tidak terkena dampaknya. "Mirage tipe menegah dan atas tidak terganggu. Justru sekarang yang laku yang tipe Exceed karena dijadikan kendaraan kedua buat anak kuliah, istri jemput anak, dan tidak low grade banget," tambah Imam.

Demi menjaga permintaan, KTB melakukan strategi supaya konsumen bisa lebih mudah memiliki Mirage.

"Salah satunya kami membuat program penjualan. Kami ingin bagaimana harganya terjangkau kami bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan," pungkas Imam.

Mobil pesaing Toyota Etios Valco, Honda Brio, Daihatsu Sirion, dan Nissan March ini rata-rata terjual sekira 200 unit dalam satu bulan. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming