Image

Tangki Pabrik Kimia Bocor, Kota di Jerman Diselimuti Asap Asam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at, 17 Februari 2017 - 01:02 WIB
Kota Oberhausen diselimuti asap asam akibat kebocoran tangki di pabrik kimia milik Hamm Chemie. (Foto: Twitter/Potsdamer News R24) Kota Oberhausen diselimuti asap asam akibat kebocoran tangki di pabrik kimia milik Hamm Chemie. (Foto: Twitter/Potsdamer News R24)

OBERHAUSEN – Sedikitnya 150 orang mengalami gangguan pernafasan akibat asap yang muncul dari kebocoran tangki asam yang terjadi di pabrik kimia di Oberhausen, Jerman. Media lokal melaporkan, warga di sekitar lokasi pabrik telah dievakuasi dan penduduk diminta untuk tidak meninggalkan rumah mereka.

Dilansir Russia Today, Jumat (17/2/2017), di antara korban yang terkena dampak kebocoran, 40 orang merupakan pekerja pabrik sedangkan 110 lainnya adalah orang-orang yang bekerja di fasilitas industri di dekat lokasi.

Kebocoran terjadi di fasilitas milik perusahaan kimia Hamm Chemie. Tangki yang tadinya berisi 600 meter kubik asam belerang 96 persen kini benar-benar kosong.

“Kami saat ini sedang memeriksa apakah kami dapat mengurangi awan yang mengandung bahan berbahaya,” kata Juru Bicara Departemen Pemadam Kebakaran Joerg Preussner. Untuk menetralisir polutan, pasukan pemadam kebakaran menyemprotkan air untuk membersihkan udara.

Direktur Hamm Chemie telah menyampaikan permintaan maaf atas insiden ini, dan mengatakan kejadian tersebut disebabkan karena kelalaian manusia. Dilaporkan T-Online, pipa pengisian bahan kimia salah disambungkan sehingga truk tangki yang seharusnya mengisi tangki asam hidroklorik malahan mengisi tangki asam belerang.

Insiden ini mengakibatkan gangguan terhadap layanan kereta dan kapal dan menyebabkan kemacetan parah di pusat kota dan bagian barat Oberhausen. Kerugian akibat kejadian ini ditaksir mencapai angka 1,5 juta euro atau sekira Rp21.3 miliar

(dka)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming