Image

Tak Tertib Lalu Lintas, 220 Angkot di Bogor Ditilang

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Jum'at, 17 Februari 2017 - 20:15 WIB
Kapolres Bogor Kota Kombes Suyudi (Foto: Putra R) Kapolres Bogor Kota Kombes Suyudi (Foto: Putra R)

BOGOR - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor Kota mengamankan 220 unit kendaraan angkutan kota (angkot) dalam operasi yang dilakukan selama 10 hari terakhir di Kota Bogor, Jawa Barat.

Kapolres Bogor Kota, Kombes Suyudi Ario Seto mengatakan, operasi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menata sistem transportasi di Kota Bogor dan membangun budaya tertib lalu lintas.

"Ini di dalam rangka menciptakan budaya tertib berlalulintas, karena selama ini Kota Bogor selalu menjadi perhatian dengan kondisi lalu lintasnya yang padat," kata Suyudi, Jumat (17/2/2017).

Dalam operasi tersebut, jumlah pelanggaran terbanyak karena ketidakpatuhan pengemudi seperti mengangkut penumpang melebihi kapasitas dan parkir sembarangan untuk menunggu penumpang.

"Mayoritas melakukan pelanggaran disiplin di antaranya memarkir atau ngetem (parkir tunggu penumpang) di tempat yang dilarang, bahkan banyak yang parkir di tempat dilarang parkir," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bogor Kota Kompol Bramastyo Priadji mengatakan, dari 220 angkot, sudah diambil oleh pemilik sebanyak 152 unit dan saat ini tersisa 68 unit di Mapolresta Bogor Kota.

"Untuk ‎kendaraan yang sudah bisa menunjukan surat, kita lakukan tilang. Sementara yang belum bisa, kita tunggu pemilik angkotnya, apa punya surat atau tidak" ujarnya.

‎Nantinya, jika pemilik angkot tetap tidak bisa menunjukkan surat kepemilikan kendaraan, akan dijerat dengan Pasal 480 KUHP tentang penadah barang hasil curian.

"Tentunya ini akan kita kembangkan. Tidak menutup kemungkinan ini adalah jaringan atau sindikat mengoperasikan angkot tanpa surat-surat," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming