Image

Berburu Beasiswa ke AS, Ini Harapan Pelajar Indonesia

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Jum'at, 17 Februari 2017 - 11:18 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

JAKARTA - Tingginya biaya sering menjadi kendala bagi pelajar yang ingin lanjut kuliah di Amerika Serikat (AS). Untuk itu, demi mewujudkan cita-cita, mereka rela menjadi pemburu beasiswa, baik secara online maupun dengan mendatangi pameran pendidikan.

Salah satu mahasiswa yang juga seorang pemburu beasiswa, Jihan mengatakan, AS merupakan negara super power yang maju di berbagai bidang. Meski belum lulus sarjana, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) itu sudah mulai mengumpulkan informasi mengenai studi di AS.

"Aku ingin kuliah S-2 di AS supaya bisa open minded. Kita juga bisa terbawa dengan kebiasaan orang Amerika yang kritis dan kerja keras. Walaupun mereka individual, tetapi bisa maju dengan caranya," tuturnya kepada Okezone di pameran pendidikan AS yang digelar di Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, kata Jihan, kuliah di luar negeri, khusunya AS akan memperluas jaringan. Baginya, mengejar beasiswa ke Negeri Paman Sam tak cukup mengandalkan satu beasiswa saja.

"Aku cari info beasiswa sebanyak-banyaknya. Jadi jangan terpatok dengan satu beasiswa. Kan pasti peminatnya sama-sama banyak," ujarnya.

Mahasiswa tingkat akhir ini menambahkan, dalam waktu sebulan terakhir, dia sudah mengikuti dua pameran pendidikan. Pertama, yakni beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan EducationUSA .

"Ya pertama cari ke Amerika dulu. Tapi aku juga ada pilihan negara lain, seperti Inggris dan Australia. Sekarang aku fokus lulus sarjana dulu, sambil menyiapkan semua hal yang dibutuhkan," tandas cewek berkerudung itu.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming