nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulusan Kampus Luar Negeri Lebih Gampang Cari Kerja, Benarkah?

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Senin 20 Februari 2017 08:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 17 65 1620919 lulusan-kampus-luar-negeri-lebih-gampang-cari-kerja-benarkah-pjxRoIJLLT.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Ketika mencari kerja, fresh graduate tidak hanya bersaing dengan lulusan dari kampus dalam negeri, tetapi juga lulusan dari kampus-kampus luar negeri. Tak jarang, lulusan dalam negeri kalah saing lantaran perusahaan lebih memilih lulusan dari luar negeri.

Salah satu lulusan asal kampus Belanda, Hafida Fahmiasari mengatakan, sebenarnya mencari kerja juga tergantung pada networking yang dimiliki. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bagi lulusan luar negeri.

"Kalau kata bos di kantor, katanya keunggulan lulusan luar negeri itu mandiri dan cepat tanggap," ujarnya kepada Okezone, belum lama ini.

Perempuan yang memperoleh gelar master dari Delft University of Technology itu menjelaskan, kemandirian tersebut timbul lantaran tuntutan hidup di negeri orang seorang diri. Namun, dia menegaskan, bukan berarti lulusan dalam negeri tidak bisa diandalkan. Menurutnya, semua itu akan terlihat pada kinerja masing-masing individu.

"Ya memang kuliah di luar negeri punya nilai tambah yang sangat besar. Dan ada juga perusahaan yang memang maunya mencari yang lulusan luar negeri," sebutnya.

Hafida yang kini bekerja sebagai transport consultant di The World Bank itu menambahkan, lulusan kampus-kampus terbaik dunia biasanya memiliki sikap dan integritas dalam bekerja.

"Dan tentu yang terpenting kualitas dan cara mengerjakan suatu pekerjaan," tandas penerima beasiswa LPDP ini.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini