nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guys, Lulus Kuliah Nilai Ijazah Aja Tidak Cukup Lho

Susi Fatimah, Jurnalis · Minggu 19 Februari 2017 09:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 17 65 1620945 guys-lulus-kuliah-nilai-ijazah-aja-tidak-cukup-lho-PenqNwTmoI.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Usai menyelesaikan studi di bangku kuliah, tentunya para fresh graduate akan mencari pekerjaan agar bisa mengaplikasikan ilmu yang dipelajari ke dalam dunia kerja.

Managing Director of Nielsen Indonesia, Dr. Agus Nurudin dalam acara pembekalan wisuda mahasiswa UGM, mengatakan para fresh graduate harus menggunakan seluruh ilmu dan keterampilan yang didapat setelah kelulusan dalam dunia kerja. Pasalnya, dengan nilai ijazah saja belum cukup untuk terjun di dalam dunia kerja tanpa dibarengi dengan keterampilan.

Ia juga mengimbau kepada calon wisudawan untuk selalu memiliki value. Value tersebut tidak hanya dimiliki oleh diri masing-masing akan tetapi juga bisa diberikan kepada lingkungan sekitar. Selain itu, ia juga menekankan calon wisudawan supaya tidak kehilangan passion.

“Anda harus semangat. Ketika jatuh segera bangkit lagi jangan pernah menyerah dan jangan jadilah diri Anda sendiri di mana pun berada,” ujar Agus di hadapan calon wisudawan seperti disitat dari laman UGM, Minggu (19/2/2017).

Sementara itu, Direktur Utama PT Rahadi Suar Sinergi, Rahadi Biwado menceritakan perjalanan hidupnya yang berkecimpung di dunia bisnis. Jatuh bangun ia hadapi dalam membangun berbagai usaha bisnisnya. Menurutnya, calon wisudawan harus memiliki keuletan dalam dunia kerja khususnya bila terjun dalam dunia bisnis.

Rahadi mencontohkan bahwa seorang sarjana harus memiliki kretivitas tinggi. Hal itu sangat di butuhkan saat memasuki dunia kerja. Lulusan sarjana juga harus pandai membaca peluang di sekitarnya agar mampu menjadi wiraswasta yang baik.

“Hal yang tidak kalah pentingnya dalam memasuki dunia kerja adalah networking. Oleh karena itu, carilah jaringan seluas-luasnya karena itu akan berguna dalam dunia kerja,” tutup Rahadi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini