Image

Tingkatkan Kualitas, Merger Perguruan Tinggi Swasta Dianggap Menguntungkan

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

PADANG - Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, Prof Herri mengatakan penggabungan atau merger beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi satu universitas akan lebih menguntungkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

"Bila berdiri sendiri banyak kelemahan, usai bergabung kelemahan itu dapat ditutup," katanya, di Padang, Jumat (17/2/2017).

Dia menerangkan, beberapa keuntungan tersebut antara lain meningkatkan efisiensi manajemen dan akademiknya. Sebagai contoh bila bergabung dalam hal dosen dan infrastruktur dengan dana masing-masing, saat bergabung memperkecil pengeluaran dana itu.

Efisiensi ini, ujarnya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan menambah dosen dan infrastrukturnya.

Selain itu, secara sistem informasi akan menjadi satu pintu dan ini juga menambah efisiensi.

"Lebih jauh dengan kekuatan yang baru akan mempermudah proses penyusunan dokumen akreditasi," kata dia.

Dia menyebutkan saat ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mendorong perguruan tinggi yang lemah atau bermasalah untuk bergabung.

Hal ini dilakukan, kata dia, untuk menghindarkan penutupan perguruan tinggi atau program studi yang pernah terjadi beberapa tahun lalu.

Sementara itu salah satu mahasiswa di kampus swasta Padang, Rahmat berharap ada upaya pemerintah untuk menjadikan PTS mendekati kualitas perguruan tinggi negeri.

Sebab, kata dia, sejauh ini jarak antara kampus swasta yang ada di Sumatera dengan Jawa cukup jauh berbeda.

"Diharapkan pemerataan ini menjadi pemikiran kementerian," ujarnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x