nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guru PAUD Dilatih Public Speaking dengan Metode Gagne

Sabtu 18 Februari 2017 10:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 18 65 1621824 guru-paud-dilatih-public-speaking-dengan-metode-gagne-rCk8eecwyP.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Bila ditanya, apa ketakutan terbesar dalam hidup? Banyak orang menjawab kematian. Beberapa menjawab menderita sakit parah, bahkan ada yang menjawab jatuh miskin. Semua jawaban di atas, ternyata masih kalah dengan prosentase jawaban berbicara di depan umum.

Ternyata bagi kebanyakan orang berbicara di depan umum masih menjadi momok menakutkan. Padahal kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking menjadi modal utama agar komunikasi berjalan lancar.

Banyak ahli menaruh perhatian untuk bagaimana mengembangkan kemampuan public speaking. Seperti yang dilakukan oleh Dr. Inge Hutagalung. Dosen Universitas Mercu Buana ini mencoba mencari pola untuk mengembangkan kemampuan public speaking.

Melalui Ilmu yang dimilikinya, ia melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan public speaking kepada guru-guru PAUD.

Pola pelatihan public speaking”ini sedikit berbeda karena dilakukan dengan metode Gagne, yaitu suatu metode pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada peran serta peserta pelatihan berdasarkan pengalaman, dan respon mereka. Hanya peserta yang memiliki keinginan yang kuat yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara mereka di depan publik.

Pemahaman akan tipologi kepribadian juga menjadi poin penting dalam pelatihan ini. Dengan memahami tipe kepribadian pembicara dan khalayak diharapkan pesan yang hendak disampaikan dapat dipahami oleh khalayak.

Meski pelatihan baru menyasar PAUD Muslimat NU Assova, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, namun kedepannya, Universitas Mercu Buana akan membuat program ini sebagai program rutin, sebagai wujud Tri Darma Perguruan Tinggi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini