nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Lho Cara Hadapi Perubahan Iklim saat Kuliah di Luar Negeri

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 22 Februari 2017 06:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 21 65 1624470 ini-lho-cara-hadapi-perubahan-iklim-saat-kuliah-di-luar-negeri-DMshaYpDLF.jpg Foto: Xinhua

JAKARTA - Perubahan iklim yang ekstrem kerap membuat mahasiswa Indonesia jatuh sakit saat kuliah di luar negeri. Biasanya, mereka sulit beradaptasi dengan suhu yang dingin, terutama memasuki musim dingin.

Mahasiswa kampus di China asal Indonesia, Fadlan Muzakki, mengungkapkan bahwa awalnya dia sulit beradaptasi dengan suhu yang berubah secara drastis setiap hari. Padahal, sebelum berangkat ke sana mahasiswa Zhejiang University ini sudah membaca berbagai informasi mengenai cuaca di sana.

"Infonya kalau intensitas hujan di tempat saya sekolah itu hampir 50% dalam setahun. Tetapi waktu itu saya tidak sedia payung," tuturnya kepada Okezone, belum lama ini.

Akibatnya, Fadlan menderita masuk angin dan harus istirahat dari rutinitasnya. Setelah mulai beradaptasi, dia pun mulai mempersiapkan perlengkapan supaya tetap hangat.

"Sekarang sudah tidak pernah sakit. Perlengkapan winter sudah banyak seperti baju, celana, sepatu, heater ruangan, dan lainnya. Jadi sekarang siap menghadapi musim dingin," tuturnya.

Selain itu, mahasiswa yang mengambil master Hubungan Internasional itu juga rutin melakukan cek kesehatan. Menurut dia, fasilitas pemeriksaan tersebut tersedia dari kampusnya, termasuk bagi mahasiswa internasional. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini