nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertemu Wali Kota Denpasar, Dubes AS Bahas Sampah

Nurul Hikmah, Jurnalis · Rabu 22 Februari 2017 14:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 22 340 1625173 bertemu-wali-kota-denpasar-dubes-as-bahas-sampah-DbL7p1KHbl.jpg Pertemuan Dubes AS Joseph R Jonovan dengan Wali Kota Denpasar I.B Ray Dharmawijaya Mantra (Foto: Nurul Hikmah)

DENPASAR - Duta Besar Amerika Serikat (AS) Joseph R. Jonovan menemui Wali Kota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra di ruang kerjanya di Denpasar, Rabu (22/2/2017). Pertemuan itu membahas berbagai program pemerintahan yang meliputi pelayanan publik hingga penanganan sampah serta lingkungan.

Selain itu, juga ada pembahasan program Smart City yang diluncurkan Wali Kota Rai Mantra, salah satunya melalui program Pengaduan Rakyat Online (Pro) Denpasar Plus mendapat pujian dari Joseph.

“Ini menjadi ide dan inovasi yang sangat baik sekali lewat program Smart City melakukan keterbukaan jajaran Pemkot Denpasar bersama masyarakat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kota,” kata Joseph.

Untuk permasalahan lingkungan, kata dia, saat ini Pemerintah Indonesia dan Amerika telah membahas kerja sama. Dalam kunjungannya di Kota Denpasar dan bertemu Wali Kota Rai Mantra juga dalam rangka mematangkan program kerja sama dan penanganan permasalahan lingkungan di Kota Denpasar.

Kunjungan Joseph kali ini ke Denpasar adalah ketiga kalinya dan ia melihat berbagai perubahan di Kota Denpasar. Menurutnya, perubahan tersebut tak terlepas dari sinergitas program Pemkot Denpasar bersama seluruh elemen masyarakat

Sementara itu, Wali Kota I.B Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, berbagai program yang dilaksanakan kali ini juga tak terlepas dari keterlibatannya dalam deretan wali kota di Indonesia yang mendapatkan kesempatan dari Pemerintah Indonesia untuk mengikuti pendidikan di Harvard Kennedy School.

Tidak saja melakukan program reformasi birokrasi yang juga melaksanakan program Smart City Kota Denpasar dalam penyelesaian berbagai permasalahan kota secara cepat. Pro Denpasar dengan respons cepat dilakukan masing-masing OPD melalui aplikasi Andorid dengan mengelola aplikasi meliputi Area Traffic Control System, lowongan kerja, serta pengaduan-pengaduan permasalahan pelayanan publik.

Dari program Pro Denpasar ini juga dipakai sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan di Denpasar yang dibahas setiap tiga bulan sekali melalui rapat kerja OPD.

“Untuk permasalahan lingkungan dan sampah telah dilakukan Pemkot Denpasar dari tingkat lingkungan banjar hingga kecamatan. Setiap lingkungan dengan keberadaan bank-bank sampah yang melakukan pemberdayaan kepada masyarakat serta hal ini juga memberikan dampak secara ekonomi bagi masyarakat setempat. Sehingga dari pertemuan ini dapat melakukan pembahasan bersama melakukan sinergi program dalam penanganan permasalahan sampah serta lingkungan di Kota Denpasar,” ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini