nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2017 Baru 2 Bulan, Dua Pengidap HIV AIDS Meninggal Dunia

Syamsul Maarif, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 22:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 23 525 1626570 2017-baru-2-bulan-dua-pengidap-hiv-aids-meninggal-dunia-7lDkdE5rd8.jpg Ilustrasi

PANGANDARAN - Yayasan Matahati Pangandaran yang eksis mengkampanyekan bahaya penularan HIV AIDS menemukan dua kasus yang berujung penderitanya meninggal dunia di tahun 2017.

Program Manager Yayasan Mata Hati Pangadaran Agus Abdullah mengatakan, kedua penderita HIV AIDS yang meninggal tersebut di luar yang mendapatkan pendampingan dari Mata Hati Pangandaran.

“Selain ditemukanya dua orang yang meninggal lantaran menderita HIV AIDS, kami juga menemukan dua kasus baru setelah menggelar VCT kepada seribu peserta di lapangan Beach Strip Susi Air beberapa waktu lalu,” kata Agus, Rabu (23/2/2017).

Agus menambahkan, dengan ditemukannya dua penderita hasil VCT tersebut, saat ini jumlah penderita HIV AIDS di Kabupaten Pangandaran pada tahun 2017 menjadi 19 orang. “Saat digelar acara kampanye tersebut hampir seribu orang yang beresiko tinggi tertular HIV AIDS,” tambahnya.

Pihaknya pun terus berusaha melakukan pendampingan dan mendorong agar penderita segera melakukan pengobatan. “Gejala HIV AIDS akan terdeteksi 3 bulan setelah tertular, kemungkinan akan bertambah karena pada saat tes virus tersebut belum terdeteksi,” papar Agus.

Untuk memutus mata rantai penularan, pihaknya dengan para relawan akan terus melakukan tes kepada masyarakat terutama ibu hamil.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yadi Sukmayadi mengatakan, dua orang yang meninggal tersebut karena telat mendapatkan penanganan.

“Ketahuanya pada saat sebelum mereka meninggal setelah di tes ternyata positif tapi sudah tidak tertolong,” kata Yadi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini