nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diduga Rugikan Negara Rp800 Juta, Mantan Kepala Dinas Pendidikan Dairi Masuk Bui

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 03:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 24 340 1626773 diduga-rugikan-negara-rp800-juta-mantan-kepala-dinas-pendidikan-dairi-masuk-bui-rH3RqNSeB0.jpg Ilustrasi (Okezone)

MEDAN – Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Pasder Berutu, dijebloskan ke penjara, Kamis 23 Februari 2017. Pasder ditahan karena diduga terlibat dalam kasus korupsi pengadaan komputer di Kabupaten Dairi pada 2011, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan pagu anggaran senilai Rp2 Miliar.

Sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pasder bersama rekanannya diduga telah melalukan pembelian empat paket pengadaan komputer yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera dalam kontrak. Kecurangan itu pun kemudian terendus. Akuntan publik yang memeriksa laporan proyek itu, menemukan kerugian negara senilai Rp800 juta.

“Setelah menjalani pemeriksaan sekitar enam jam oleh penyidik, yang bersangkutan kita tahan di Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta Medan,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Sumanggar Siagian.

Dalam kasus ini, kata Sumanggar, Pasder tidak sendiri. Tiga orang rekanannya dalam pengadaan komputer juga sudah ditahan. Mereka yakni Melanton Purba, Direktur CV Langit Biru; Holman Siringoringo selaku Direktur CV Ruthani Mandiri dan Arifin Lumban Gaol selaku Wakil Direktur CV Keke Lestari.

“Tiga pihak swasta yang menjadi rekanan dalam proyek pengadaan itu juga sudah ditahan di rumah tahanan Tanjung Gusta. Sebenarnya ada empat rekanan, satu lagi berinisial DKT. Dia belum kita tahan,” tukasnya.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini