nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wawancara Kerja, Perhatikan Jawaban dari Tiga Pertanyaan Ini!

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 19:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 24 65 1627497 wawancara-kerja-perhatikan-jawaban-dari-tiga-pertanyaan-ini-FxuM5fGxf5.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Pertanyaan ketika wawancara kerja kerap mengintimidasi pelamar kerja. Keadaan ini semakin parah apabila kandidat yang bersangkutan tidak menyiapkan jawaban apa-apa. Akibatnya, peluang posisi suatu pekerjaan pun bisa terbuang sia-sia.

Dari berbagai macam pertanyaan ketika wawancara kerja, tiga pertanyaan berikut terlihat sepele, namun sangat menentukan dan kerap ditanyakan. Dilansir dari USA Today, berikut cara menjawab yang benar.

1. "Deskripsikan tentang Diri Anda"

Jawaban dari pertanyaan ini sangat menentukan apakah seorang kandidat termasuk yang dicari oleh perusahaan atau tidak. Nah, untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya tidak usah terlalu bertele-tele. Berikan alasan mengapa kamu cocok denga pekerjaan yang ditawarkan. Jadi, kamu tak perlu menceritakan secara detail bagaimana kepribadianmu. Sebab, perusahaan hanya mencari kandidat yang bisa mengisi peran dalam pekerjaan tersebut.

2. "Apa Kelemahan dalam Diri Anda"

Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama kamu harus tahu kelebihan yang dimiliki karena dengan begitu kamu juga akan tahu titik kelemahannya. Pendekatan pertama dalam menjawab pertanyaan ini adalah menjadikan kelemahan sebagai kekuatan dan hal tersebut justru bisa memotivasimu untuk mengatasi segala kendala.

Cara berikutnya, yakni menjelaskan antisipasi untuk menghindari masalah yang terjadi akibat kelemahan yang dimiliki. Beri tahu kelemahan yang kira-kira tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Namun, yakinkan bahwa kamu berkomitmen untuk mengatasi bahkan menghilangkan kelemahan tersebut

3. "Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Anda"

Untuk menjawab pertanyaan ini, terdapat tiga hal yang harus disertakan meliputi kenapa dirimu, kenapa pekerjaannya, dan kenapa perusahaannya. Oleh sebab itu, awali jawaban dengan bagaimana kehidupanmu selama di dalam atau luar kampus. Lalu, berikan penjelasan mengenai latar belakang pendidikan beserta pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Terakhir, berikan alasan seberapa antusias dan tertariknya kamu terhadap perusahaan dan pekerjaan yang dilamar. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini