nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Calonnya Kalah di Pilkada Yogyakarta, PDIP Ajukan Gugatan ke MK

Markus Yuwono, Jurnalis · Minggu 26 Februari 2017 11:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 26 510 1628446 calonnya-kalah-di-pilkada-yogyakarta-pdip-ajukan-gugatan-ke-mk-ZdGFJnAEFD.jpg

YOGYAKARTA – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta, Imam Priyono-Achmad Fadli yang diusung PDIP dan NasDem kalah dari pasangan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi. Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara Haryadi-Heroe mendapat 100.333 suara, sedangkan Imam-Achmad meraih 99.146.

Namun, tak terima karena menemukan sejumlah kecurangan, pasangan Imam-Achmad akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Hal itu ditegaskan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di sela-sela acara Musyawarah Agung Senopati Nusantara 2017, Minggu (26/2/2017).

Menurut Hasto, berdasarkan temuan timnya, kecurangan di Pilkada Yogyakarta terjadi lantaran ada manipulasi surat suara. Fakta-fakta dilapangan seperti itu dengan penyalahgunaan surat keterangan, ada upaya di daerah kami kuat tidak mendapatkan C6. Biarlah nanti di MK keadilan akan bicara," kata Hasto.

Ia pun berharap warga Kota Yogyakarta yang kala pencoblosan haknya dihalang-halangi dalam memberikan suaranya berani menyampaikannya di MK, sehingga kebenaran akan terungkap. "Di sidang MK nanti hak warga Kota Yogyakarta yang dihalang-halangi untuk berani disuarakan," tegasnya.

Hasto mengklaim, PDIP memenangkan 53 persen dari 101 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2017. Menurutnya, 50 orang kader PDIP menjadi kepala daerah atau wakil kepala daerah, termasuk kader di Pilkada Papua Barat dan Aceh.

"PDI Perjuangan juga semakin melebarkan sayapnya dengan memenangkan Pilkada di Papua Barat dan di Pilkada Aceh dengan menghantar tiga kader PDIP terpilih sebagai kepala daerah daerah," tandasnya.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini